Langkah-langkah Membuat Keripik Sirip Lele

Pertanianku – Keripik ini dibuat dari sirip lele yang merupakan hasil samping dari pengolahan abon yang jumlahnya berkisar antara 4,55—4,88%. Hasil sampingan tersebut terdiri atas sirip punggung, sirip ekor, dan sirip perut (anus). Sirip ini biasanya masih menyatu dengan tulang lele ketika lele difilet dan dipisahkan dari tulangnya dengan menggunakan gunting.

Langkah-langkah Membuat Keripik Sirip Lele

Sirip lele bersifat lunak karena berupa tulang rawan sehingga setelah digoreng rasanya sangat renyah dan gurih. Produk ini relatif lebih disukai dibandingkan dengan keripik kulit dan krispi daging lele.

1. Bahan dan Peralatan

Bahan baku dan peralatan yang digunakan dalam pengolahan ini sebagai berikut.

a. Bahan:

– Sirip lele 1 kg

– Bawang putih 100 g

– Kemiri 50 g,

– Daun jeruk 20 lembar

– Garam 20 g

– Tepung beras 1 kg

– Tepung tapioka 0,5 g

– Soda kue 1 sdt

– Bumbu perisa 2 bungkus

– Minyak goreng 1 l

– Bahan pengemas berupa tabung plastik yang bersifat kaku

b. Peralatan:

– Baskom dan panci perebus

– Kompor gas, wajan penggorengan, dan wadah untuk penirisan

– Wadah untuk pengemasan dan timbangan

2. Prosedur Pengolahan

Sirip lele dibersihkan, kemudian direbus dalam air mendidih selama 5 menit. Sirip yang sudah direbus kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam air es, agar tidak lengket satu sama lain. Bumbu (kemiri, daun jeruk, bawang putih, garam) dicampur dengan air dan dihaluskan menggunakan blender, kemudian ditambah tepung sehingga membentuk adonanyang kental. Sirip dimasukkan ke dalam adonan bumbu kemudian dimasukkan ke dalam campuran tepung beras, tepung tapioka, dan sodakue. Sirip lele kemudian digoreng dengan minyak yang panas sampaikering. Penggorengan dilakukan dua kali sehingga diperoleh keripik sirip lele yang renyah. Penggorengan kembali dilakukan setelah keripik sirip lele didiamkan semalam. Penggorengan kembali dilakukan dengan menggunakan minyak panas sehingga diperoleh keripik sirip lele yang berwarna kecokelatan dan tekstur yang renyah.

Baca Juga:  Jenis Kolam yang Cocok untuk Pendederan Gurami

 

Sumber: Buku Aneka Produk Olahan Lele


loading...