Langkah-langkah Membuat Tepung Bekicot untuk Pakan Ayam

Pertanianku — Bekicot sering menjadi hama bagi tanaman hortikultura karena hewan ini memakan beberapa bagian tanaman. Biasanya, hewan ini dijumpai di daerah-daerah yang lembap. Salah satu cara untuk mengatasi serangan bekicot adalah mengumpulkan dan memusnahkannya. Hama ini masih bisa dimanfaatkan sebagai pakan ayam, Anda dapat mengolahnya menjadi tepung bekicot.

tepung bekicot
Foto: Pixabay

Tepung bekicot dapat digunakan sebagai pengganti sebagian tepung ikan. Pembuatannya dapat menggunakan daging beserta cangkangnya, atau hanya menggunakan bagian dagingnya. Kandungan protein di dalam tepung ini terbilang tinggi mencapai 51,2–61 persen.

Sementara itu, kandungan protein tepung yang dibuat dari keseluruhan seperti daging dan cangkangnya terbilang lebih rendah, sekitar 32,6 persen.

Sumber protein hewani ini dapat menjadi alternatif ketika sumber daya bekicot di alam bebas sedang meningkat, harga pakan ayam sedang tidak stabil, dan ketersediaan tepung ikan sedang sulit. Cara pembuatannya terbilang cukup mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan alat disc mill atau hammer mill. Berikut ini ulasan langkah-langkah membuat tepung bekicot.

  • Kumpulkan bekicot, kemudian rebus selama 1 jam untuk membunuh kuman dan menghilangkan zat-zat berbahaya.
  • Tiriskan bekicot untuk membuat seluruh air rebusan. Bila Anda hanya ingin membuat tepung dari daging bekicot, keluarkan daging dari cangkangnya dengan cara dicungkil. Namun, bila Anda ingin membuat tepung dari seluruh bagian bekicot, Anda hanya perlu mengetuk-ngetuk bekicotnya.
  • Cuci bahan baku dengan air garam sebanyak 2–3 kali
  • Cuci lagi dengan air bersih sebanyak 2–3 kali.
  • Cincang-cincang bahan agar lebih cepat kering, kemudian tiriskan.
  • Jemur bahan di bawah sinar matahari atau dengan alat pengering.
  • Masukkan seluruh bahan ke dalam disc mill atau hammer mill.

Pengolahan tepung bekicot memang dapat menjadi solusi yang menguntungkan banyak pihak, tetapi sayangnya sumber protein hewani ini memiliki beberapa kekurangan. Permasalahan utama dari tepung bekicot adalah palatabilitas (cita rasa) yang dihasilkan tidak sebaik tepung ikan. Itu sebabnya tepung hanya bisa digunakan sebanyak 5 persen ke dalam formula ransum pakan ayam kampung.

Baca Juga:  Selain Pakan, Ini yang Memengaruhi Kualitas Susu Kambing

Selain itu, pembuatan sumber protein hewani ini sangat bergantung pada sumber daya bekicot di alam bebas sehingga kontinuitas persediaan tepung tidak stabil.