Langkah-langkah Menanam Bibit Mangga di Pot

Pertanianku — Buah mangga menjadi salah satu buah yang sering ditanam di pot karena perawatan yang mudah dan buahnya disukai oleh banyak orang. Bagi hobiis, mereka lebih memilih membeli bibit di toko pertanian yang sudah jelas akan tumbuh dibanding menumbuhkan bibit dari benih yang kemungkinan gagalnya cukup besar. Namun, bibit yang dibeli juga perlu dirawat lebih lanjut. Agar sukses menanam bibit mangga di pot ataupun di lahan pekarangan rumah, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

menanam bibit mangga
foto: pertanianku

Cara pemindahan bibit mangga harus dilakukan secara hati-hati agar bibit tidak mati dan akar tanaman tidak terluka. Selain itu, sebelum memindahkan bibit mangga ke dalam pot, Anda harus memastikan pot serta media tanam sudah tersedia. Anda juga harus memahami cara menanam pohon mangga di dalam pot dengan benar agar selama masa perawatan tanaman dapat tumbuh dengan subur.

Pilihlah bibit mangga yang memiliki batang berwarna hijau tua kecokelatan, bentuknya lurus tidak bercabang, tingginya sekitar 60—80 cm, diameter batang 1—1,5 cm, berumur 6 bulan atau lebih, dan daunnya berwana hijau mengilap serta sudah membentuk tiga daun muda. Komposisi media tanam yang bisa Anda gunakan adalah tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:2. Setelah semua persediaan sudah lengkap, kini saatnya memindahkan bibit.

Loading...
  1. Siapkan pot berdiameter 30 cm dengan kedalaman 35 cm. Buat lubang pada dasar pot sebagai aerasi dan masukkan potongan batu bata atau pecahan genting pada dasar pot setebal 5 cm agar media tanam tidak terbawa air siraman. Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam pot hingga mendekati bibir
  2. Lepas polibag bibit dengan cara digunting, lalu tarik perlahan-lahan agar tanaman tidak rusak. Tanah yang masih menempel pada akar tanaman dibiarkan saja ikut masuk ke lubang tanam di dalam pot. Masukkan bibit manga ke pot, tegakkan dan atur posisinya hingga tepat di tengah pot.
  3. Urug bagian media tanam yang terlihat kosong dengan media tanam hingga mendekati bibir pot. Lakukan penyiraman agar media memadat secara alami. Biarkan tabulampot mangga di tempat yang teduh selama beberapa hari hingga muncul tunas-tunas baru, lalu pindahkan ke bagian halaman yang terkena sinar matahari secara penuh.
Baca Juga:  Apa itu Sedimen?

Anda bisa mempelajari cara menanam beragam mangga kualitas unggul dengan membaca buku Mangga Top di Kebun dan Pot serta Bertanam Mangga Alpukat Rajin Berbuah terbitan Penebar Swadaya. Kedua buku praktis ini membahas langkah-langkah cara bertanam mangga unggulan, baik di pot maupun lahan luas seperti kebun. Mulai dari pembibitan, perawatan hingga panen dan pascapanen.

 

Loading...
Loading...