Langkah-langkah Menanam Sayur di Pekarangan

Pertanianku — Lahan pekarangan bisa dijadikan lahan kebun sayur yang menghasilkan sayur. Hasil tersebut bisa digunakan untuk konsumsi pribadi atau dijual sebagai pendapatan sampingan. Sayur-sayur tersebut bisa dijual ke tetangga-tetangga terdekat di sekitar rumah Anda. Sebelum menanam sayur di pekarangan, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah menanam sayur di pekarangan rumah yang harus dilakukan.

menanam sayur di pekarangan
foto: pertanianku

Lakukan pengolahan tanah

Tanah yang akan digunakan untuk menanam harus diolah terlebih dahulu agar subur dan kaya unsur hara. Hampir semua jenis tanaman sayur hanya menyukai tanah yang subur. Unsur hara diperlukan untuk menunjang kebutuhan nutrisi tanaman. Cara mengolah tanah cukup mudah, yaitu cangkul tanah sedalam 20—30 cm, bolak-balikkan tanah. Selanjutnya, ratakan tanah kembali untuk digemburkan.

Loading...

Buat bedengan

Buatlah bedengan sayur untuk mempermudah proses penanaman dan perawatan tanaman. Buatlah alur di antara bedengan sebagai jalan setapak agar memudahkan proses perawatan. Luas bedengan harus mudah dijangkau ketika panen atau saat menyaingi gulma sehingga satu bedengan tidak boleh terlalu luas melebihi jangkauan tangan manusia.

Berikan kompos atau pupuk

Taburkan kompos atau pupuk kandang yang sudah matang untuk menambah unsur hara di tanah. Penebaran ini dilakukan saat 2—3 minggu sebelum lahan digunakan. Penaburan bisa langsung ditebar atau diberikan dengan cara dilarik sejauh 5 cm dari lubang tanam.

Pasang ajir

Buatlah ajir pada kedua ujung petak, lalu hubungkan dengan tali rafia. Pada tali yang sudah dibentangkan, berikan tanda jarak tanam. Ukurannya bergantung pada jenis sayuran yang ditanam.

Lubang tanam

Setelah menandai lubang tanam pada tali rafia, buatlah lubang tanam untuk menanam bibit-bibit sayuran.

Tanam benih

Baca Juga:  Tips Membuat Taman Sayur di Pekarangan

Benih yang sudah siap ditanam biasanya sudah memiliki 3—5 daun tunggal. Tanam benih pada lubang tanam yang sudah disediakan. Untuk jenis sayuran yang bisa langsung ditanam tanpa perlu disemai, tanam biji sayuran sebanyak 3—5 biji per lubang, lalu tutup dengan tanah sekitar.

Pasang paranet

Untuk menjaga kelembapan area tanam yang ditanam secara massal, berikan naungan plastik atau paranet.

Loading...
Loading...