Langkah-langkah Menyemai Benih Kopi yang Tepat

Pertanianku — Perbanyakan kopi dengan benih, terutama robusta, akan menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan, produktivitas, dan mutu hasil yang beragam. Namun, untuk arabika, tanaman yang dihasilkan cenderung memiliki pertumbuhan, produktivitas, dan mutu hasil yang seragam. Penanaman benih kopi tidak boleh dilakukan sembarangan bila Anda ingin mendapatkan tanaman yang baik. Proses penanaman diawali dengan menyemai benih kopi.

menyemai benih kopi
foto: Pixabay

Penanaman harus dimulai dengan pemilihan jenis benih kopi yang sehat dan bebas dari hama penyakit. Benih dapat dibeli dari produsen atau mengadakan benih sendiri dari buah kopi yang berada di kebun. Benih kopi hanya diproduksi sekali dalam satu tahun, yakni saat musim panen yang jatuh pada Juli–September.

Benih harus disimpan dengan cara yang benar agar daya tumbuhnya tetap tinggi selama 8–12 bulan. Hal ini dapat memudahkan Anda mengatur jadwal penanaman kopi sesuai dengan kesiapan lahan. Benih kopi yang sudah dimiliki perlu disemai terlebih dahulu. Berikut ini cara menyemai benih kopi.

  • Bersihkan lahan semai dan buat galian bedengan dengan lebar 120 cm, sedalam 30 cm, dan panjang dapat disesuaikan. Bedengan ini dibuat untuk mengecambahkan benih kopi sampai bibit fase serdadu atau fase kepelan.
  • Isi galian bedengan dengan pasir atau kerikil setebal 10 cm. Selanjutnya, bagian atas bedengan diberikan pasir halus setebal 20 cm.
  • Berikan atap atau naungan di atas bedengan. Bahan yang cocok untuk dijadikan atap bedengan adalah daun tanaman tebu, kelapa, ilalang, dan paranet. Adapun naungan yang cocok adalah tanaman lamtoro atau gamal.
  • Di antara bedengan diberikan jarak untuk jalan pekerja melakukan perawatan dan diberikan saluran air pembuangan.
  • Jarak tanam benih sebesar 4 cm × 2,5 cm dengan kedalaman 2 cm. Penanaman dilakukan di bagian datar, kemudian permukaan ditutup dengan potongan daun ilalang dan jerami agar posisi benih tidak berpindah ketika disiram oleh air.
  • Benih kopi akan berkecambah setelah kurang lebih berumur 30 hari, saat ini benih sudah memasuki stadium kecambah fase serdadu. Sementara itu, pada suhu 30°C benih kopi sudah berkecambah ketika berumur tiga minggu.
Baca Juga:  Budidaya Krisan dengan Sistem Aeroponik Bikin Panen Lebih Cepat