Langkah-langkah Penangkaran Ikan Arwana

Pertanianku— Saat ini arwana termasuk fauna langka, bahkan terkenal sebagai survival ikan purba. Bila Anda tertarik untuk mencoba usaha bisnis ikan arwana, Anda perlu menangkarkan ikan ini. Pasalnya, peraturan dari CITES menyebutkan, arwana dan turunannya tidak bisa diperdagangkan secara internasional bila bukan hasil penangkaran. Berikut ini gambaran langkah-langkah proses penangkaran ikan arwana.

penangkaran ikan arwana
foto: [ertanianku

Pembenihan

Aspek pembenihan merupakan faktor yang sangat penting karena penjualan arwana hanya boleh dilakukan dari hasil tangkaran, bukan hasil tangkapan dari alam. Pembenihan ikan arwana meliputi persiapan sarana dan prasarana, persiapan dan seleksi induk, pemijahan, pengeraman dan penetasan telur, pemanenan larva, serta perawatan benih.

Kelengkapan sarana dan prasarana pada pembenihan menjadi faktor pendukung yang perlu diperhatikan dengan baik. Sarana prasarana yang diperlukan di antaranya pemilihan lokasi yang tepat, sumber air, wadah penampungan dan penyaringan air, kolam pembenihan, bak fiber, akuarium pemeliharaan benih, serta prasarana pendukung lainnya.

Persiapan dan seleksi induk berguna untuk mendapatkan indukan yang berkualitas. Pemijahan memegang peranan penting karena tahap ini menjadi penentu apakah induk menghasilkan anak yang berkualitas atau tidak.

Setelah proses pemijahan berakhir dan telur-telur sudah dibuahi, telur arwana akan disimpan oleh induk jantan di dalam mulutnya. Masa pemeraman ini berlangsung selama 41 hari sejak masa pembuahan. Masa pemeraman berakhir sekitar 25–30 hari sejak terjadinya pembuahan pada fase pralarva.

Pembesaran

Pembesaran ikan arwana memiliki tiga tujuan, yakni menyiapkan indukan, untuk kontes, atau dijadikan ikan hias. Pada dasarnya, perlakukan untuk ketiga tujuan tersebut hampir sama, tetapi umur panen disesuaikan dengan tujuan tersebut.

Tahap pembesaran memiliki tiga tahapan, yakni pembesaran di akuarium, bak fiber, dan kolam. Seluruh tahapan tersebut dibahas tuntas dalam buku Arwana: Panduan untuk Hobi dan Bisnis. Begitu pun dengan tahapan pada pembenihan, Anda bisa langsung mempelajarinya dari buku tersebut.

Baca Juga:  Kebiasaan Lele di Habitat Aslinya

Buku Arwana: Panduan untuk Hobi dan Bisnis dapat menjadi referensi Anda yang tertarik untuk memelihara arwana, baik untuk skala bisnis maupun hobi. Di dalamnya membahas berbagai hal terkait arwana, mulai dari seputar budidaya ikan arwana, cara merawat arwana hingga cara memenangkan kontes arwana. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebarswadaya.