Langkah Mudah Atasi Hama Lalat Buah pada Tanaman Melon

    PertaniankuLalat buah betina akan meletakkan telurnya di dalam buah. Beberapa hari kemudian telur-telur tersebut akan menetas dan larva lalat akan memakan bagian dalam buah melon. Buah melon yang sudah terserang lalat akan rusak dan tidak bisa dijual.

    lalat buah
    foto: pertanianku

    Lalat ini dapat menyebabkan buah busuk sehingga tidak layak untuk dijual. Akibatnya, petani melon akan mengalami kerugian. Untuk itu, lalat tersebut harus segera diatasi agar serangan tidak menjadi terlalu parah.

    Ada dua jenis lalat yang bisa menyerang tanaman melon, yaitu Dacus sp. dan Bactocera cucurbitae.

    Loading...

    Lalat Dacus sp. menyerang buah melon yang akan matang. Tanaman melon yang diserang lalat ini akan menunjukkan gejala seperti daging buah yang busuk dan mengandung banyak larva. Jika serangan yang terjadi sudah berat, lalat ini dapat menyebabkan buah busuk dan mengalami kerontokan.

    Lalat Bactrocera cucurbitae bisa menyerang melon pada segala jenjang umur. Buah yang sudah terserang akan menunjukkan gejala perubahan warna menjadi hitam dan keras, muncul bercak bulat yang membusuk dan berlubang kecil, serta buah rusak dan rontok.

    Pengendalian untuk lalat Dacus sp. dan Bactrocera cucurbitae adalah memetik dan memusnahkan buah yang terserang, menanam pohon selasih di sekeliling kebun sebagai perangkap, membungkus buah dengan kantong plastik/kertas, memasang perangkap yang sudah dilengkapi antraktan, dan menyemprotkan insektisida berbahan aktif deltametrin.

    Untuk menarik perhatian agar lalat masuk masuk ke jebakan, Anda bisa menggunakan metyl eughenol yang mengeluarkan aroma seperti lalat betina yang bernama atraktan. Jebakan tersebut berfungsi menarik lalat jantan ke dalam perangkap.

    Atraktan yang bisa digunakan untuk memancing lalat jantan adalah minyak cemara hantu dan minyak selasih. Kedua bahan tersebut mengandung metyl eughenol yang cukup tinggi.

    Baca Juga:  Mengatasi Serangan Lalat Buah Jambu Air Madu Deli, Bikin Jambu Jadi Busuk!

    Metyl eughenol hanya mengundang lalat masuk ke jebakan, kandungan tersebut tidak akan menyebabkan lalat mati.

    Lalat yang sudah terkumpul di dalam jebakan harus dijauhkan dari kebun atau dimusnahkan agar tidak ada yang membuahi lalat betina sehingga siklus hidup lalat di kebun akan terputus.

     

    Loading...
    Loading...