Langkah Mudah Budidaya Bayam Merah di Lahan Sempit

Pertanianku— Bayam merah termasuk jenis sayur yang sangat menyehatkan tubuh dan bagus dikonsumsi sehari-hari. Budidaya bayam merah tidak begitu sulit dan bisa dilakukan di rumah atau lahan sempit. Kegiatan budidaya tanaman sayuran ini tentunya bisa memberikan Anda banyak keuntungan yang baik, mulai dari kesehatan tubuh hingga kesehatan mental.

budidaya bayam merah
foto: Pertanianku

Bayam merah mengandung gizi seperti zat besi, kalori, protein, lemak, kalsium, karbohidrat, vitamin, dan serat yang sangat bagus untuk tubuh. Kegiatan budidaya tidak hanya dapat menghasilkan sayuran yang dapat dikonsumsi, tetapi juga bisa mengisi waktu luang Anda dan menggerakkan tubuh menjadi lebih sehat. Berikut ini langkah-langkah budidaya bayam merah di lahan sempit.

Siapkan lahan

Lahan yang akan digunakan bertanam harus dipersiapkan terlebih dahulu. Bayam merah menyukai lingkungan tumbuh yang bersuhu 20°C, ber-pH 6—7, dan tanah humus. Pada dasarnya pengolahan tanah yang perlu dilakukan sama seperti pengolahan tanah untuk menanam tanaman sayur, yaitu penggemburan tanah, pemberian pupuk dasar, dan pengapuran jika dibutuhkan.

Benih bayam merah

Benih bayam merah sangat mudah didapatkan. Anda bisa mencarinya di toko pertanian atau di e-commerce, seperti Toko Trubus. Anda juga bisa menggunakan benih sendiri yang dihasilkan dari bunga bayam merah yang sudah tua.

Benih perlu disemai terlebih dahulu pada tray semai atau polibag. Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, pupuk organik, dan sekam dengan perbandingan 2:1:1. Tebar benih di atas media tanam.

Penanaman bayam merah

Setelah benih tumbuh dan mengeluarkan 3—4 daun atau setinggi 3—6 cm, pindahkan bibit pada lahan tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Setelah ditanam, bibit bayam merah harus segera dirawat dengan cara disiram.

Baca Juga:  Organic Asia Congress, Pertanian Organik Harapan untuk Masa Depan Bumi yang Sehat

Perawatan tanaman

Tanaman perlu dirawat agar tumbuh subur. Penyiraman tanaman perlu dilakukan dengan air yang sudah dicampur dengan pupuk cair selama 7 hari setelah bibit ditanam. Setelah itu, penyiraman dilakukan dengan air biasa hingga masa panen. Lakukan pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 1 kali setiap minggu.

Panen

Bayam merah sudah siap dipanen ketika daunnya sudah banyak yang tumbuh dan tinggi tanaman mencapai 20—30 cm.

Untuk membudidayakan bayam merah di lahan sempit, Anda bisa memperoleh berbagai kebutuhan bertanam bayam merah di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam keperluan berkebun Anda. Mulai dari benih dan bibit tanam, media tanam, pupuk dan pestisida, hingga peralatan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan produk-produk Toko Trubus di Tokopedia.