Langkah Mudah Budidaya Buah Nanas

Pertanianku  — Nanas merupakan buah tropis yang banyak diminati di pasar lokal ataupun pasar ekspor. Hal tersebut membuat prospek usaha budidaya buah nanas cukup menjanjikan. Usaha budidaya dapat berhasil apabila dilakukan dengan cara yang benar dan teratur. Untuk Anda yang mulai tertarik budidaya buah nanas, simak langkah budidaya buah nanas di bawah ini.

budidaya buah nanas
foto: Pixabay

Mengetahui syarat tumbuh buah nanas

Nanas lebih cocok ditanam di daerah tanah yang mengandung pasir karena ini akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh nanas. Usahakan pilih lahan yang mengandung kapur rendah. Suhu yang pas untuk pembuahan nanas adalah sekitar 29—32°C.

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kelembapan tanah. Kelembapan tanah sangat berpengaruh pada tanaman nanas karena apabila terlalu lembap pada awal masa pembungaan akan menghambat pertumbuhan buah dan daunnya akan terlalu banyak. Curah hujan yang disukai oleh tanaman sekitar 600—3.500 mm.

Lahan yang akan digunakan harus diolah terlebih dahulu agar gembur dan sirkulasi udara di dalam tanah berjalan lancar. Pengolahan tersebut sebaiknya dilakukan awal musim hujan.

Penyemaian

Daun nanas yang akan disemai dapat diolesi ZPT terlebih dahulu agar pertumbuhan akar berlangsung lebih cepat. Setelah itu, daun ditanam sedalam 1,5—2,5 cm dengan jarak tanam 5—10 cm.

Bibit harus dipelihara dengan baik dan dilakukan dengan penyiraman secara berkala. Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk menjaga kelembapan pada media tanah. Setelah bibit siap, bibit bisa dipindah ke lahan yang sudah disiapkan untuk ditanam. Banyak cara menanam dan biasanya bibit harus sudah bisa mencapai 25—30cm dan berumur sekitar 3—5 bulan.

Pemeliharaan tanaman

Tanaman nanas membutuhkan pemeliharaan yang sangat baik, meliputi penyiangan, pengairan, dan pemupukan. Pengendalian gulma dan penyakit dilakukan dengan penyiangan. Lakukan pemupukan secara rutin dengan cara dibenamkan ke dalam parit sedalam 10—15 cm. Pupuk yang digunakan adalah Urea dan KCl.

Baca Juga:  Kelompok Melon yang Populer

Serangan hama

Masalah hama memang sedikit kompleks pada tanaman nanas ini dan pengendalian hama terpadu adalah dengan menggunakan pestisida dengan dosis tepat. Ini akan menyeimbangkan keadaan tanah. Jadi, jika dosis tidak tepat bisa berakibat fatal bagi keadaan tanah dan petani tentunya.

Panen

Tanaman yang berasal dari bibit mahkota bisa dipanen setelah berumur 24 bulan, sedangkan tanaman yang berasal dari tunas akar baru dapat dipanen setelah berumur 18 bulan. Nanas yang sudah siap dipanen akan terlihat dari mahkota buahnya yang sudah terbuka lebar dan mata buah sudah lebih mendatar, bulat, dan besar. Buah tersebut juga tercium harum dan bagian dasarnya berwarna kuning. Anda bisa memanen buah nanas dengan menggunakan pisau tajam.