Langkah Mudah Budidaya Jambu Biji Kristal

Pertanianku Jambu biji kristal sudah cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Keunikan jambu biji ini adalah terlihat seperti tidak berbiji karena bijinya hanya 3 persen dari bagian buahnya. Budidaya jambu kristal sebenarnya tidak begitu sulit, caranya hampir sama seperti budidaya pohon jambu biji lainnya.

jambu biji kristal
foto: pertanianku

Pohon jambu biji kristal bisa ditanam di pekarangan atau di lahan perkebunan khusus. Tanaman bisa dijadikan tabulampot yang mudah berbuah karena tidak memerlukan perawatan ekstra. Jambu kristal yang ditanam di dalam pot terlihat lebih indah dan lebih praktis dirawat.

Jambu kristal membutuhkan angin berkecepatan sedang untuk melakukan penyerbukan. Kalau angin terlalu kencang malah bisa menyebabkan kerontokan pada bunga. Tanaman buah ini cocok ditanam di daerah tropis dengan intensitas matahari cukup.

Loading...

Tanaman yang kekurangan sinar matahari akan mengalami penurunan produksi dan perlambatan pertumbuhan (kerdil). Pohon jambu kristal biasanya sudah berbunga ketika musim kemarau, sedangkan buahnya baru tumbuh ketika sudah memasuki musim hujan.

Ketinggian dataran yang dikehendaki tanaman ini adalah rendah ke sedang sehingga kelembapan udara yang dibutuhkan cenderung rendah. Kelembapan yang rendah dapat membuat pertumbuhan tanaman jambu biji kristal menjadi lebih baik.

Anda bisa menggunakan semua jenis tanah untuk menanam buah ini. Jenis tanah tersebut harus subur serta mengandung unsur nitrogen dan bahan organik yang cukup. Kondisi tanah yang liat dan sedikit berpasir pun tetap bisa digunakan. Derajat keasaman tanah yang dibutuhkan sekitar 4,5—8,2. Jika kondisi pH terlalu rendah, Anda perlu melakukan pengapuran terlebih dahulu.

Media tanam yang bisa digunakan merupakan campuran antara tanah yang subur dan pupuk kandang dengan dosis 40 kg/m2. Jika menanam di lahan, Anda harus membuat bedengan dengan ukuran 1,2 m dan panjang dapat disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.

Baca Juga:  Mengatasi Penyakit Bisul Daun pada Pohon Mangga

Sementara itu, media tanam untuk budidaya jambu biji kristal di dalam pot adalah campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:2. Pada bagian dasar pot diberikan kerikil, batu apung, atau busa untuk mengalirkan air lebih cepat. Selanjutnya, masukkan media tanam yang sudah dicampur.

Perawatan pohon jambu biji kristal tidak begitu sulit karena tidak dipengaruhi oleh keadaan tanah dan cuaca. Anda hanya perlu rutin melakukan penyiangan gulma, penggemburan tanah, dan penjarangan.

Pupuk susulan diberikan setelah pohon berumur 1 tahun, pupuk yang diberikan adalah pupuk kandang yang dicampur TSP, urea, dan ZK. Penyiraman dilakukan dua kali sehari saat tanaman masih berumur dua minggu. Setelah tanaman tumbuh subur, penyiraman hanya perlu dilakukan satu kali sehari.

Loading...
Loading...