Langkah Mudah Budidaya Jamur Lingzhi, Jamur Obat yang Banyak Dicari Orang

Pertanianku — Jamur lingzhi mungkin masih asing bagi sebagian orang karena jamur ini lebih sering dikonsumsi sebagai obat. Cara budidaya jamur lingzhi hampir sama seperti jamur kayu pada umumnya. Jamur ini dibudidayakan di dalam baglog jamur yang sudah disterilisasi terlebih dahulu. Untuk Anda yang tertarik untuk budidaya jamur lingzhi, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

budidaya jamur lingzhi
foto: Pixabay

Media tumbuh

Media tumbuh yang baik untuk budidaya jamur lingzhi adalah serbuk gergaji kayu yang ditambahkan dengan dedak, biji-bijian, dan air. Ketiga bahan tersebut bisa memperkaya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh jamur. Seluruh bahan media tumbuh tersebut dicampur hingga rata.

Pengomposan

Media tumbuh yang sudah dicampur harus dikomposkan terlebih dahulu selama 2—5 hari. Agar hasilnya maksimal, media perlu dilakukan pembalikan setiap hari.

Pengemasan media tumbuh

Media yang sudah dikomposkan dimasukkan ke plastik polipropilen yang tahan terhadap panas. Media diisi sebanyak ¾ dari volume kantong plastik dan dipadatkan secara manual dengan botol atau kayu hingga benar-benar padat. Pada bagian atas berikan cincin paralon dan tutup dengan kapas.

Sterilisasi

Media tumbuh (baglog) yang sudah jadi disterilisasi terlebih dahulu agar tidak ada mikroorganisme yang merugikan dan bisa mengancam pertumbuhan jamur.

Inokulasi

Proses inokulasi harus dilakukan dalam keadaan steril, media tanam idealnya sedang bersuhu 27—38°C. Inokulasi merupakan proses memasukkan bibit sebanyak 1—3 sendok ke lubang baglog yang telah diberikan cincin pipa.

Inkubasi

Selama masa inkubasi, baglog diletakkan di rumah kumbung dan disusun secara teratur di rak-rak. Kelembapan udara di dalam rumah kumbung yang ideal adalah 80—90 persen. Masa inkubasi akan berjalan selama 30—50 hari. Setelah itu, Anda akan melihat miselium yang tumbuh memenuhi media tanam.

Baca Juga:  Balitbangtan Membagikan 11 Kunci Budidaya Produksi Jagung Meningkat

Pembentukan tubuh buah

Baglog yang sudah ditumbuhi miselium sudah siap dimasukkan ke ruang pemeliharaan. Bagian kapas dan cincin penutup baglog dilepas. Baglog tersebut harus diberikan penyiraman untuk menjaga suhu serta tingkat kelembapan.

Panen

Jamur lingzhi sudah bisa dipanen setelah berumur 3—5 bulan setelah terbentuk miselium yang memenuhi media. Tudung jamur yang sudah berwarna merah merupakan pertanda bahwa jamur siap panen.

Budidaya jamur lingzhi terbilang cukup mudah, Anda bisa membaca lebih detail dalam buku Jamur-Info Lengkap dan Kiat Sukses Agribisnis. Selain jamur lingzhi, ada beberapa jenis jamur lainnya yang dibahas di dalam buku tersebut. Untuk mendapatkan buku jamur ini sebagai referensi usaha, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.