Langkah Mudah Budidaya Jamur Merang dalam Ruangan

PertaniankuBudidaya jamur merang bisa dilakukan di dalam atau di luar ruangan rumah kumbung. Budidaya yang dilakukan di rumah kumbung lebih cocok dilakukan untuk skala produksi sepanjang tahun. Berikut ini beberapa langkah untuk budidaya jamur merang di dalam ruangan atau rumah kumbung.

budidaya jamur merang
foto: Pertanianku

Menyiapkan media tumbuh

Media tumbuh yang digunakan adalah limbah kapas dan jerami. Jerami yang digunakan harus dalam keadaan segar. Limbah kapas bisa didapatkan dari limbah industri tekstil. Kedua bahan media tersebut dicampur dengan kapur pertanian 1—2 persen. Namun, ada juga pembudidaya yang hanya menggunakan media tumbuh berupa limbah kapas.

Pengomposan

Media tumbuh yang akan digunakan harus dikomposkan terlebih dahulu agar tidak ada organisme yang merugikan jamur.

Pasteurisasi

Setelah proses pengomposan media selesai, media akan dipasteurisasikan di dalam rumah kumbung. Media disusun secara beratur di rak yang berada di dalam rumah kumbung. Selanjutnya, rumah dialirkan uap panas dengan suhu 60°C melalui pipa selama 3—4 jam. Setelah itu, biarkan udara masuk hingga suhu di dalam ruangan turun menjadi 37°C.

Penaburan bibit

Setelah selesai dipasteurisasi, media sudah bisa digunakan menanam bibit. Bibit yang digunakan sudah harus dipisahkan dan tidak berbentuk gumpalan. Bibit jamur hanya perlu ditaburkan di atas permukaan media tanam. Setelah bibit ditaburkan, jendela dan pintu kumbung ditutup selama 3 hari.

Pembentukan buah

Proses ini sangat dipengaruhi oleh suhu, kelembapan, oksigen, karbondioksida, cahaya sanitasi, dan higienitas. Pertumbuhan misellium jamur bisa lebih cepat dan seragam jika intensitas cahaya yang masuk ke ruangan rendah. Biasanya, rak yang digunakan di dalam rumah kumbung terdiri atas beberapa tingkatan. Jamur yang berada di rak ketiga biasanya dominan tumbuh di tepian rak, lalu baru menjalar ke bagian tengah media.

Baca Juga:  Cara Membuat Bibit Lengkeng dengan Teknik Sambung Pucuk

Pembentukan buah akan terjadi setelah pembentukan miselium jamur sudah merata di seluruh bagian rak. Suhu media yang dibutuhkan untuk pembentukan berkisar 32—35°C dengan tingkat kelembapan sekitar 95—100 persen. Suhu udara yang diperlukan adalah 30—33°C dengan kandungan karbondioksida di udara kurang dari 1.000 ppm.

 


loading...