Langkah Mudah Budidaya Jamur Merang untuk Anda yang Masih Pemula

Pertanianku — Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang memiliki banyak peminat. Oleh karena itu, budidaya jamur merang dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Proses budidaya jamur merang pada dasarnya tidak begitu sulit, Anda bisa membudidayakannya sendiri meski masih tergolong pemula. Berikut ini beberapa langkah budidaya jamur merang yang mudah dilakukan oleh pemula.

budidaya jamur merang
foto: Pertanianku

Media tanam

Media tanam yang baik untuk jamur merang adalah jerami, tandan kosong kelapa sawit, kapas, dan limbah sagu aren. Media tanam perlu difermentasikan terlebih dahulu selama 10 hari.

Rumah kumbung

Rumah kumbung merupakan tempat budidaya jamur yang akan digunakan untuk menyimpan rak-rak baglog. Rumah kumbung biasanya terbuat dari bambu atau plastik mulsa. Bagian dalam rumah kumbung ditutup dengan menggunakan plastik PE. Rumah kumbung perlu dipasteurisasi terlebih dahulu agar steril dengan cara mengalirkan uap panas dan didiamkan selama 5—8 jam dengan suhu 60°C. Proses pasteurisasi dilakukan setelah seluruh baglog tersusun di rak.

Bibit jamur

Anda bisa membeli bibit jamur langsung di tempat budidaya jamur yang sudah besar. Biasanya, pembudidaya pemula masih belum mampu menghasilkan bibit sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli saja bibitnya di tempat yang tepercaya.

Bibit jamur yang sudah dimiliki dapat langsung ditebar secara merata di atas media tanam yang sudah disusun di rak-rak. Suhu kumbung atau rumah jamur saat penebaran bibit harus sekitar 32—35°C.

Inkubasi

Jamur dapat tumbuh ketika suhu rumah kumbung lembap. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan proses inkubasi dengan suhu sekitar 32—35°C dan tingkat kelembapan sekitar 70—50 persen.

Pemeliharan

Selama proses pemeliharaan, Anda perlu mengendalikan suhu dan penyakit yang dapat menyerang jamur. Suhu yang ideal untuk perkembangan jamur merang adalah sekitar 32—38°C dengan tingkat kelembapan sekitar 80—50 persen.

Baca Juga:  Benih TSS Bawang Merah Berpotensi Meningkatkan Hasil Produksi

Panen

Jamur sudah bisa dipanen setelah tubuhnya berbentuk bulat dan berukuran besar. Biasanya, jamur dipanen setelah berumur 10—15 hari. Waktu yang tepat untuk memanen jamur adalah pagi dan sore hari.