Langkah Mudah Budidaya Kaktus

Pertanianku— Kaktus telah menjadi tanaman hias yang paling digemari karena perawatannya cukup mudah dan dapat tumbuh di berbagai daerah. Oleh karena itu, tak heran, permintaan tanaman kaktus terbilang cukup tinggi. Permintaan yang cukup tinggi ini menjadikan peluang usaha budidaya kaktus terbuka lebar. Budidaya kaktus sebetulnya tidak begitu sulit, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan dalam merawat kaktus.

budidaya kaktus
foto: Pixabay

Berikut ini langkah mudah budidaya kaktus.

Bibit kaktus

Bibit menjadi modal utama yang harus ada dan menjadi penentu keberhasilan proses budidaya. Bibit kaktus bisa didapatkan di toko tanaman hias atau diambil langsung dari tanaman induk yang sudah Anda miliki. Bibit yang bagus untuk digunakan adalah bibit yang tidak ada cacat. Pastikan batang bibit yang akan digunakan tidak mengalami memar dan memiliki duri yang masih utuh. Pilihlah bibit yang tumbuh tegak lurus.

Jika Anda ingin mengambil bibit dari tanaman induk, pastikan tanaman induk tersebut sudah berusia layak tanam. Sementara itu, jika ingin membeli bibit, pastikan bibit sudah berusia lebih dari tiga tahun.

Media tanam

Kaktus menyukai media tanam kering dengan tingkat porositas yang tinggi sehingga media tidak mampu menahan air. Media tanam tersebut tidak akan menyebabkan akar kaktus mengikat air dalam jangka waktu yang lama.

Jenis tanah merah dan tanah liat tidak bisa digunakan untuk menanam kaktus. Jenis tanah tersebut dapat menyebabkan daya serap air menjadi sangat tinggi sehingga mengakibatkan batang kaktus membusuk.

Media tanam kaktus yang baik terbuat dari campuran tanah berpasir, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Perawatan pohon kaktus

Kaktus perlu disiram setiap satu minggu sekali atau ketika media tanam sudah terlihat kering. Berdasarkan tempat hidupnya, tanaman kaktus dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kaktus yang senang di daerah terbuka dan kaktus yang senang di tempat gelap.

Baca Juga:  Pestisida Alami untuk Tanaman Cabai

Tanaman kaktus yang menyukai tempat terang bisa disimpan di area terbuka setelah berumur 3 minggu sesudah masa tanam. Sementara itu, kaktus yang suka di tempat gelap harus dipindah sesekali ke tempat terbuka.

Pengendalian hama

Meskipun terkenal sebagai tanaman berduri, kaktus rentan diserang hama, seperti keong tanah, tungau, dan cendawan. Untuk mengendalikan serangan hama, Anda perlu memangkas pohon kaktus secara rutin atau menggunakan pestisida ketika serangan hama sudah sulit dikendalikan.


loading...