Langkah Mudah Budidaya Kol

Pertanianku — Orang Indonesia sangat akrab dengan sayur kol atau kubis karena banyak masakan yang menggunakan sayuran ini sebagai komponennya. Budidaya kol terbilang cukup singkat, hanya sekitar 2—3 bulan sayuran sudah bisa dipanen. Untuk Anda yang tertarik untuk budidaya kol, berikut ini langkah mudah budidaya kol.

budidaya kol
foto: Pixabay

Benih

Sediakan benih kol yang baik. Anda bisa membelinya di toko pertanian, seperti Toko Trubus yang menyediakan benih kol/kubis berkualitas. Benih merupakan kunci pertama dari keberhasilan budidaya. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan dengan benar benih yang akan dibeli. Jangan sampai benih yang dibeli berkualitas buruk sehingga tanaman tidak mampu tumbuh dengan baik. Selain kualitas, perhatikan juga jenis tanaman (varietas) yang akan dibeli. Pastikan jenis tersebut bagus dan sesuai dengan lokasi bertanam.

Benih kol perlu disemai terlebih dahulu di media semai yang terdiri atas campuran tanah dan pupuk kandang selama 3—4 minggu.

Pindahkan ke lahan atau polibag

Bibit yang sudah berumur 3—4 minggu atau sudah memiliki 5 helai daun siap dipindahkan ke lahan pembesaran atau polibag dengan ukuran kedalaman tanah minimal 30 cm. Lahan tersebut sebaiknya sudah diolah agar kaya unsur hara dan siap digunakan menanam kol.

Perawatan tanaman

Selama masa perawatan, tanaman perlu disuplai air secara rutin agar tumbuh dengan optimal. Selain itu, tanaman juga perlu diberikan pemupukan saat tanaman kol sudah berumur empat minggu.

Cegah serangan hama

Tanaman kol rentan terserang oleh beberapa hama yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman, bahkan bisa menyebabkan gagal panen. Ada berbagai cara untuk mencegah serangan hama tersebut, salah satunya dengan pengendalian hama terpadu. Anda bisa menanam tanaman bunga refugia di sekitar tanaman kol untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Pencegahan ini bersifat alami sehingga tidak akan membahayakan tanaman serta lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga:  Peran Lumbung Pangan Masyarakat untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Panen

Kol sudah bisa dipanen saat berumur 60—75 hari setelah ditanam di polibag. Hasil panen yang didapatkan bisa Anda manfaatkan sebagai konsumsi pribadi atau dijual sebagai pendapatan tambahan.