Langkah Mudah Budidaya Kutu Air untuk Pakan Ikan Cupang

Pertanianku— Kutu air merupakan pakan alami bagi ikan cupang karena mengandung protein serta nutrisi yang cukup tinggi. Anda bisa membudidayakannya sendiri agar ketersediaan pasokan pakan dapat terus terpenuhi dan biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pakan dapat lebih diefektifkan. Budidaya kutu air tidak begitu sulit. Selain itu, peralatan dan bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah didapat.

budidaya kutu air
foto: Pixabay

Berikut ini langkah-langkah membudidayakan kutu air.

Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan

Sebelum mulai budidaya, Anda perlu menyiapkan beberapa alat serta bahan yang dibutuhkan. Anda membutuhkan kol yang sudah hampir busuk. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar. Kol yang busuk akan lebih mudah mendatangkan kutu air sehingga waktu budidaya berjalan lebih cepat.

Setelah kol, siapkan wadah seperti drum, baskom, atau kolam terpal. Anda bisa menggunakan wadah apa saja. Asalkan, wadah tersebut memiliki lebar dan panjang yang cukup, wadah tidak perlu terlalu tinggi. Kebutuhan terakhir yang harus disiapkan adalah air.

Isi wadah dengan air

Wadah diisi dengan air, tetapi jangan terlalu tinggi atau terlalu penuh karena kondisi tersebut tidak bagus untuk pertumbuhan kutu air. Namun, air yang dimasukkan ke wadah harus sudah diendapkan terlebih dahulu.

Masukkan kol

Kol busuk perlu dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat. Setelah itu, kol baru aman dimasukkan ke wadah.

Simpan wadah di bawah naungan

Wadah budidaya kutu air tidak boleh berada di tempat terbuka. Wadah harus terhindar dari sinar matahari secara langsung karena menghambat proses perkembangan dan pertumbuhan bibit kutu air.

Tutup wadah

Wadah budidaya sebaiknya ditutup untuk menghindari pertumbuhan larva nyamuk di dalam wadah. Namun, sebenarnya larva nyamuk tersebut dapat menjadi pakan tambahan bagi kutu.

Baca Juga:  Efek Samping Pemberian Pakan Ikan Patin yang Berlebihan

Diamkan kol selama satu minggu

Kol busuk yang dimasukkan ke wadah akan hancur dan berubah warna menjadi kehijauan sehingga menyebabkan permukaan air terlihat keruh. Anda perlu mendiamkan air rendaman kol busuk selama satu minggu penuh hingga kotoran kol busuk mengendap di dasar wadah. Setelah itu, air di bagian atas akan menjadi jernih kembali dan Anda bisa melihat dengan mudah kehadiran kutu-kutu air.