Langkah Mudah Budidaya Lobak

Pertanianku— Lobak berasal dari Cina dan kini sudah dibudidayakan di Indonesia. Lobak bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi seperti di pegunungan. Namun, saat ini daerah yang paling sering digunakan untuk budidaya lobak adalah dataran tinggi, seperti Pangalengan, Pacet, dan Cipanas.

budidaya lobak
foto: pixabay

Waktu yang tepat untuk budidaya lobak adalah awal musim kemarau atau saat musim hujan. Sebenarnya, lobak bisa ditanam di musim kemarau, asalkan Anda mencukupi kebutuhan airnya. Tanah yang baik untuk menanam lobak ialah tanah gembur mengandung humus dan di lapisan atasnya mengandung kerikil-kerikil. Tingkat keasaman tanah yang baik sekitar 5—6.

Lobak diperbanyak melalui biji. Hingga saat ini biji lobak masih didatangkan dari luar negeri. Biji lobak dapat langsung ditanam di kebun tanpa perlu disemai terlebih dahulu. Untuk satu hektare lahan, biji lobak yang dibutuhkan sebanyak 5 kg.

Sebelum menanam biji lobak, Anda perlu mengolah tanah yang akan digunakan. Lahan perlu dicangkul terlebih dahulu sedalam 30—40 cm, kemudian berikan pupuk kandang atau kompos sebanyak 10 ton/hektare. Setelah itu, ratakan tanah dan buat alur dengan jarak antaralur sekitar 30 cm. Alur sebaiknya dibuat membujur dari arah barat ke timur agar tanaman mendapatkan sinar matahari sebanyak-banyaknya.

Setelah tanah sudah siap, Anda bisa langsung menaburkan biji-biji tersebut di sepanjang alur, kemudian tutup biji dengan tanah secara tipis-tipis. Biji tersebut akan tumbuh setelah berumur empat hari. Saat tanaman sudah berumur 203 minggu dari waktu tanam, lakukan penyiangan sambil membuat guludan. Guludan dapat dibuat dengan cara meninggikan tanah di sepanjang barisan tanaman.

Tanaman lobak sangat mudah terserang hama kutu daun. Hama tersebut dapat diberantas dengan insektisida Kelthane 0,2 persen atau Decis 2,5 EC 0,2-0,3 persen.

Baca Juga:  Penggunaan Keong Mas untuk Mengendalikan Hama Walang Sangit dan Kepik Hitam

Umumnya, petani lobak jarang memberikan pupuk buatan. Namun, jika kondisi kesuburan tanah yang digunakan kurang baik, Anda bisa memberikan pupuk buatan berupa urea dan TSP dengan perbandingan sebesar 1:2 sebanyak 6 gram tiap tanaman.

Lobak sudah bisa dipanen setelah berumur dua bulan. Lobak tidak boleh terlambat dipanen karena dapat menyebabkan umbinya menjadi kayu sehingga rasanya tidak enak. Lobak yang sudah bisa dipanen akan menunjukkan umbi yang berukuran cukup besar.

 


loading...