Langkah Mudah Budidaya Mentimun di Polibag

Pertanianku— Mentimun termasuk tanaman sayur yang mudah dibudidayakan sendiri di rumah. Hasil budidaya tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kelebihannya dijual sebagai pemasukan tambahan. Budidaya mentimun dapat dilakukan langsung di lahan atau menggunakan polibag untuk mengefisiensikan lahan. Untuk Anda yang memutuskan untuk budidaya mentimun di polibag, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

budidaya mentimun
foto: Pertanianku

Persiapan yang harus dilakukan

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang/kompos, arang sekam, dan sekam mentah dengan perbandingan 3:2:1:1. Tanah yang digunakan sebaiknya merupakan top soil atau lapisan tanah yang paling atas. Campurkan semua media tanam hingga rata, kemudian diamkan di tempat terbuka tetapi terlindung dari hujan selama 7—14 hari sebelum benih ditanam.

Setelah media tanam, siapkan juga polibag berdiameter minimal 25 cm. Semakin besar ukuran diameter polibag, akan semakin baik. Masukkan media tanam ke polibag tapi jangan terlalu padat dan penuh. Isi media tanam sampai 5 cm di bawah bibir polibag. Letakkan polibag di tempat yang terkena sinar matahari minimal 8 jam per hari.

Pasang ajir sepanjang 1,5 meter. Tancapkan satu ajir setiap satu polibag.

Menanam benih

Saat ini Anda bisa membeli benih mentimun dengan mudah di toko pertanian atau e-commerce, seperti di Toko Trubus. Sebelum menanam benih, siram media tanam terlebih dahulu, kemudian benamkan ke dalam media tanam sedalam kurang lebih 1 cm. Selanjutnya, tutup media dengan wadah plastik selama 5 hari hingga benih tumbuh.

Penyiraman

Pada awal penanaman, penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari. Setelah tanaman memasuki masa generatif, tanaman cukup disiram pada sore hari saja agar media tanam tidak kering.

Pemupukan

Lakukan pemupukan saat tanaman berumur 10 tahun dengan 10 gram pupuk NPK yang dilarutkan dengan 10 liter air. Pemupukan selanjutnya dilakukan ketika tanaman berumur 20 hari dengan dosis 2 gram per 1 liter air. Pemupukan berikutnya dilakukan saat tanaman berumur 25 hari dengan dosis yang sama. Jika Anda menggunakan pupuk kandang, berikan sebanyak satu genggam untuk satu tanaman.

Baca Juga:  Kementan Targetkan Pembangunan 2.358 Kampung Hortikultura di Seluruh Indonesia

Panen

Mentimun sudah bisa dipanen saat tanaman berumur 30—50 hari setelah tanam. Panen dapat dilakukan sebanyak 1—2 hari sekali dengan cara dipotong tangkai buahnya.