Langkah Mudah Budidaya Ubi Cilembu di Pot

Pertanianku — Ubi cilembu terbilang sudah cukup populer karena memiliki rasa yang cukup unik dan berbeda dengan jenis ubi umumnya. Selain itu, cara pengolahan ubi ini terbilang unik, yakni dioven agar ubi mengeluarkan cairan manis seperti madu yang menjadi ciri khasnya. Saat ini budidaya ubi cilembu dapat dilakukan di lahan ataupun pot.

budidaya ubi cilembu
foto: Pertanianku

Meskipun hanya di pot, ternyata ubi cilembu tergolong mudah ditanam. Sebelum memulai budidaya, Anda perlu menyiapkan bibit yang akan ditanam. Bibit tersebut bisa dibeli di pasar atau dari petani ubi cilembu langsung. Bibit yang digunakan dapat berupa bibit generatif yang menggunakan umbi berkualitas atau bibit vegetatif yang berasal dari proses setek.

Bibit setek bisa didapatkan dari tanaman induk yang sudah berumur lebih dari dua bulan dengan ruas yang pendek-pendek. Batang tanaman dipotong sepanjang 15—25 cm, kemudian diikat dan dibiarkan selama satu minggu di tempat yang teduh.

Sementara itu, jika Anda ingin menanamnya dari umbi, pilih umbi berukuran minimal satu kepal tangan. Kemudian bibit ubi cilembu dipotong menjadi dua bagian dan rendam ke dalam air. Posisi umbi harus terendam di dalam air kira-kira sedalam 2—2,5 cm. Diamkan umbi selama beberapa hari hingga muncul tunas.

Setelah banyak tunas yang muncul, angkat umbi tersebut dan tanam di pot yang sudah diberikan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk dengan perbandingan 2:1. Letakkan pot tersebut di area yang terkena sinar matahari.

Tanaman perlu disiram secara rutin setiap hari dan diberikan pupuk secara berkala setelah tanaman berusia1 bulan dan 3 bulan setelah tanam. Selama masa pemeliharaan, Anda harus memerhatikan akar-akar tanaman yang menjalar keluar dari jalur penanaman. Akar-akar tanaman tersebut perlu dirapikan agar tidak menjalar kemana-mana dan umbi yang dihasilkan berukuran besar.

Baca Juga:  Langkah-langkah Budidaya Tanaman Stevia

Umbi tanaman sudah bisa dipanen setelah berusia 5—6 bulan. Panen dilakukan dengan cara mencabut batang tanaman atau mengeruk tanah di sekitar batang dengan tangan. Setelah umbi diambil, bersihkan umbi dari sisa-sisa tanah yang menempel.

Masa panen ubi cilembu yang ditanam di pot terbilang lebih lama dibanding ubi cilembu yang ditanam di lahan, yakni hanya sekitar 3,5—4 bulan setelah tanam.