Langkah Mudah dan Cermat Budidaya Tanaman Kopi


Pertanianku Budidaya tanaman kopi bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memulai usaha baru di bidang kopi. Sebab, komoditas kopi di pasar dunia tidak akan pernah mati.

budidaya tanaman kopi
Pixabay

Mengapa demikian? Itu karena kopi termasuk salah satu minuman yang setiap hari diminum oleh banyak orang. Apalagi, saat ini sudah terungkap bahwa mengonsumsi kopi dengan dosis yang tepat sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Budidaya tanaman kopi tidak memerlukan lahan yang luas karena dengan lahan yang sempit pun Anda bisa menanam kopi dengan baik.

Ada banyak jenis kopi yang bisa ditanam. Langkah awalnya, yaitu pilihlah jenis kopi yang nantinya akan ditanam. Namun perlu diketahui, ada dua jenis yang sering ditanam oleh para petani kopi di Indonesia, yaitu kopi jenis arabika dan kopi robusta. Keduanya memang lebih mudah ditanam dibanding kopi jenis lainnya.

Setelah itu, lakukan pemilihan bibit yang berkualitas unggul. Anda bisa mendapatkan biji kopi berkualitas baik di berbagai toko bibit.

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan lahan yang akan ditanami kopi. Lahan yang digunakan untuk menanam kopi tidak perlu terlalu luas karena kopi bisa ditanam di lahan yang sempit.

Anda juga harus menyiapkan pohon untuk peneduh tanaman kopi. Pohon peneduh ini sangat dibutuhkan untuk menghalau sinar matahari yang berlebihan karena kopi tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari.

Jika lahan sudah siap, langkah selanjutnya ialah menanam bibit yang sudah disiapkan. Jarak tanaman kopi sebaiknya tidak lebih dari 3 m dan biasanya bergantung dari jenis kopi yang dipilih.

Lubang untuk menanam kopi harus disiapkan dua bulan sebelum menempatkan bibit kopi di dalamnya. Persiapan lubang tanam ini tujuannya supaya hasil dari tanaman kopi berkualitas unggul.

Baca Juga:  Punya Toples Bekas? Jadikan Media Tanam Hidroponik Saja

Rawatlah tanaman kopi secara rutin setiap bulannya agar kopi tidak mati. Pangkaslah gulma atau tanaman pengganggu di sekitar tanaman kopi. Dan, berikanlah pupuk yang cukup agar kopi tumbuh dengan baik.

Biasanya tanaman kopi akan berbuah dengan jumlah maksimal pada usianya yang ke 5—7 tahun. Setelah itu, Anda bisa memanen hasil dari budidaya kopi.

Jenis kopi tertentu sangat rawan terhadap serangan penyakit dan hama. Tanpa perawatan yang intensif, kopi yang dihasilkan tidak akan maksimal. Cukup mudah bukan? Anda hanya memerlukan ketekunan dalam melakukan budidaya kopi ini. Selamat mencoba!

loading...
loading...