Langkah Mudah dan Tepat Membuat Kolam Tanah

Pertanianku— Salah satu jenis kolam yang paling sering digunakan oleh masyarakat adalah kolam tanah. Membuat kolam tanah sebenarnya tidak begitu sulit jika Anda sudah mengetahui ilmu dasar pembuatannya.

membuat kolam tanah
foto: pertanianku

Kolam tanah harus dibuat aman bagi ikan agar ikan bisa tumbuh optimal dan terhindar dari penyakit. Selain dibuat menjadi aman, kolam juga harus dibuat menjadi nyaman dengan sumber pakan alami yang banyak agar ikan bisa tumbuh lebih pesat dengan tambahan pakan alami yang sudah tersedia di dalam kolam. Berikut ini beberapa langkah membuat kolam tanah yang mudah dan tepat.

Cangkul bagian dasar kolam

Loading...

Bagian dasar kolam perlu dicangkul untuk membentuk lapisan lumpur yang dibutuhkan. Lapisan lumpur tersebut berguna untuk menumbuhkan pakan alami untuk ikan yang akan dipelihara. Selain itu, lumpur yang berada di bagian dasar juga berguna untuk mencegah ikan masuk ke kemalir atau saluran tengah saat dipanen.

Buat pematang menjadi padat

Pematang di dalam kolam dibuat menjadi padat dengan cara memasukkan air ke kolam. Pemadatan pematang kolam yang semula hanya ditimbun akan terjadi setelah air masuk melalui sela-sela timbunan tanah. Dengan demikian, gumpalan-gumpalan tanah akan menyatu dan memadat. Pemadatan tanah baru akan tampak setelah permukaan pematang turun hingga sebesar 10 persen dari ketinggian semula.

Pembilasan dan pengeringan kolam

Lakukan pembilasan dan pengeringan kolam yang akan digunakan atau kolam yang baru dibuat. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanya zat beracun dan kandungan logam yang bisa meracuni ikan. Selain itu, pengeringan juga berfungsi untuk mematikan organisme pengganggu yang sewaktu-waktu bisa menyerang saat ikan sedang lemah. Pengeringan kolam dilakukan setelah kolam direndam selama 2—3 hari.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Agar Untung Berlipat

Ratakan genangan air di dasar kolam

Jika di dasar kolam terdapat genangan air saat kolam sedang dikeringkan, ratakan genangan tersebut agar tidak ada benih ikan yang terjebak di genangan yang lebih rendah dari dasar kolam.

Pengisian air kolam

Air kolam baru bisa diisi setelah kolam dibilas dan dikeringkan sehingga sudah tidak ada zat beracun, logam berbahaya, atau organisme pengganggu yang berbahaya untuk kehidupan ikan.

Loading...
Loading...