Langkah Mudah dan Tepat Mempersiapkan Lahan Kebun Cokelat

Pertanianku— Langkah pertama bertanam cokelat adalah mempersiapkan lahan kebun cokelat. Sebelumnya, Anda perlu mengukur areal penanaman serta mengendalikan ilalang, semak belukar, dan kayu-kayu kecil. Semak belukar dan kayu-kayu kecil dibersihkan dengan cara ditebas atau dibabat. Biasanya, tahap ini dilakukan selama 2—3 bulan dan dilanjutkan dengan tahap tebang/tumbang.

lahan kebun cokelat
foto: pertanianku

Setelah lahan bersih dari semak belukar dan kayu-kayu kecil, Anda baru dapat dengan mudah menebang pohon-pohon di areal tersebut. Kayu kecil dapat ditebang dengan menggunakan kapak biasa dan menggunakan teknik tebang atau tumbang. Tahap ini dapat berlangsung selama 3—4 bulan dan merupakan tahapan yang paling lama.

Pohon yang sudah ditebang perlu didiamkan selama 1—1,5 bulan terlebih dahulu hingga mengering, kemudian kayu dibakar. Pembakaran harus dibatasi agar tidak menjalar ke luar areal pertanaman.

Areal yang sudah terbebas dari semak belukar, kayu kecil, dan pohon sangat mudah ditumbuhi ilalang. Anda perlu langsung mengendalikannya saat penanaman pohon pelindung.

Setelah pembersihan tanah selesai dilakukan, terkadang ada petani yang melanjutkannya dengan pengolahan tanah. Namun, tak jarang ada juga petani yang tidak melanjutkannya karena dinilai mahal dan dapat menyebabkan lapisan tanah atas terkikis. Untuk mempertahankan lapisan tanah atas dan menambah kesuburan tanah, langkah selanjutnya yang dapat diambil setelah pembersihan adalah penanaman penutup tanah (cover crops).

Tanaman penutup tanah yang sering digunakan antara lain kacang-kacangan (Leguminosae) seperti Centrosema nubescens, Calopogonium mucunoides, Pueraria javanica, Calopogonium caeruleum, atau Psophocarpus palustri. Tanaman tersebut dapat dikombinasikan antara dua hingga tiga jenis tanaman sekaligus.

Jarak tanam kacang-kacangan tersebut dapat disesuaikan menurut jarak tanam cokelat yang akan ditanam. Jarak antarlubang yang ideal untuk digunakan adalah 0,5 m. Jika tanaman cokelat hendak ditanam dengan jarak tanam 3 m × 3 m, Anda dapat membuat dua barisan kacang-kacangan di antara barisan cokelat dengan jarak pada tiap baris sekitar 1 m.

Baca Juga:  Pestisida Nabati Jadi Solusi Budidaya Hortikultura

Sementara itu, jika tanaman cokelat ingin ditanam dengan jarak 4,2m × 2,5 m, Anda dapat membuat dua baris kacang-kacangan dengan jarak 1,2 m.

Penanaman tanaman kacang-kacangan dapat dilakukan dengan biji yang ditanam secara larikan atau tugal dengan jarak antarlubang tugal sekitar 1 m. Anda juga dapat menggunakan bibit setek yang sudah disemai dahulu. Proses bertanam kacang tersebut biasanya berlangsung selama 2—3 bulan.