Langkah Mudah Membuat Minyak Atsiri Bunga Sedap Malam

Pertanianku Bunga sedap malam merupakan tanaman introduksi yang datang dari Meksiko dan sudah bisa berkembang di daerah tropis. Di Indonesia, bunga ini bisa djumpai di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi. Bunga sedap malam bisa diolah untuk menghasilkan minyak atsiri. Minyak atsiri sedap malam biasanya didapatkan dari mahkota bunga.

bunga sedap malam
foto: pixabay

Bunga sedap malam terkenal mampu menghasilkan aroma yang sangat semerbak pada malam hari. Kini, Anda bisa menikmati aromanya sepanjang waktu melalui minyak atsiri sedap malam. Jadi, Anda tidak perlu menunggu malam hari lagi.

Pilihlah bunga yang belum mekar penuh, tapi tidak terlalu muda juga. Tingkat kemekaran bunga yang paling baik adalah 50—75 persen. Panen bunga sedap malam sebaiknya dilakukan pada malam hari untuk menghindari terjadinya penguapan yang bisa menyebabkan bunga mati.

Loading...

Di antara beberapa varietas bunga sedap malam yang ada, varietas tunggal (single hybrid) dapat menghasilkan minyak rendemen yang lebih tinggi dibandingkan varietas ganda sedap malam (double hybrid).

Bunga yang sudah dipanen sebaiknya langsung dipisahkan mahkota bunganya dari tangkai dan kelopak bunga. Setelah itu, letakkan mahkota bunga di dalam wadah yang bersih agar mahkota tidak kotor. Kotoran tersebut dapat mencemari lemak pada proses ekstrasi.

Proses ekstrasi bunga sebaiknya dilakukan pada malam itu juga sesaat setelah bunga dipanen. Metode ekstrasi yang tepat untuk bunga ini adalah metode lemak dingin. Meskipun banyak yang beranggapan metode tersebut dinilai kurang efisien dan memakan banyak tempat.

Siapkan lempengan kaca setebal 0,5 cm dan bersihkan lempengan tersebut dari debu serta kotoran. Selanjutnya, oleskan permukaan kaca dengan lemak secara merata. Lemak tersebut berfungsi untuk menyerap minyak atsiri. Lemak yang memiliki daya serap bagus adalah shortening snow white.

Setelah minyak merata, taburkan mahkota bunga, usahakan jangan ada petal yang menumpuk karena adsorbs bisa berlangsung ketika bunga mahkota bersentuhan langsung dengan lemak.

Baca Juga:  Apa itu Produk Pangan Rekayasa Genetika?

Selanjutnya, masukkan lempengan kaca tersebut ke rak tertutup dan biarkan sampai besok. Keesokan harinya, cek mahkota lama dan ganti dengan mahkota bunga baru. Pastikan, lemak juga terbawa oleh mahkota lama saat pergantian. Proses pergantian terjadi sebanyak 3—9 kali. Lemak pembawa minyak atsiri disebut pomade. Pomade yang sudah dihasilkan dimasukkan ke wadah pelarut yang terbuat dari kaca.

Selanjutnya, larutkan pomade dengan alkohol panas sambil diaduk hingga larutan homogen. Diamkan larutan selama 12 jam hingga membentuk endapan. Setelah itu, peras, dan minyak atsiri sedap malam sudah selesai dibuat.

Loading...
Loading...