Langkah Mudah Membuat Tepung Biji Durian

Pertanianku — Ketika musim durian datang, keberadaan buah dengan bau yang khas ini pasti sangat melimpah dan dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai olahan yang lezat, termasuk bijinya. Biji durian bisa diolah menjadi tepung yang dapat menggantikan posisi tepung terigu.  Cara membuat tepung biji durian pun cukup mudah dan bisa Anda praktikkan di rumah.

Cara membuat tepung biji durian
Foto: Shutterstock

Tepung biji durian mengandung protein, karbohidrat, kalsium, dan fosfor. Kue-kue kering, cake, keripik, dan berbagai camilan lainnya bisa dibuat dari tepung biji durian. Berikut proses pembuatan tepung biji durian. Nah, berikut ini langkah-langkah membuat tepung dari biji durian.

Pencucian

Tahap pertama adalah pencucian. Mencuci biji buah durian ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau sisa dari daging buah durian, agar tepung yang dihasilkan tidak terkontaminasi dengan bahan yang lain.

Perebusan

Proses ini dilakukan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit dalam air mendidih. Selain untuk menghilangkan kotoran pada biji, tahap perebusan juga dilakukan untuk mengempukkan kulit biji durian yang nantinya dibuang.

Pengupasan

Setelah direbus dan ditiriskan, biji buah durian ini selanjutnya melewati tahap pengupasan kulit. Ambil bagian biji yang berwarna putihnya saja.

Pengirisan

Tahap selanjutnya adalah mengiris bagian biji yang berwarna putih. Pengirisan ini dilakukan dengan tingkat ketebalan 2—3 mm. Tingkat ketebalan diusahakan sama agar memudahkan pada tahap pengeringan nantinya. Lakukan dengan hati-hati karena biji buah durian licin dan berlendir.

Pencucian tahap kedua

Pencucian pada tahap ini adalah untuk mengurangi atau menghilangkan lendir yang ada di dalam biji durian. Untuk membantu mengurangi lendirnya, garam dapat ditambahkan. Aduk-aduk sampai keluar buihnya dan usahakan mencuci di bawah air mengalir agar lendir larut.

Baca Juga:  Begini Cara Memilih Jambu Biji yang Baik

Tiriskan kembali biji durian yang telah diiris dan dicuci tadi, dalam wadah berlubang seperti saringan atau tanggok bambu, agar mempercepat proses selanjutnya, yaitu pengeringan.

Pengeringan

Proses pengeringan kali ini bisa dilakukan dengan menjemur di bawah sinar matahari, bisa pula dengan menggunakan oven berapi yang sangat kecil. Kenapa harus berapi sangat kecil? Ini karena api yang terlalu besar dikhawatirkan membuat biji durian tidak kering merata dan hasil tepung menjadi kecokelatan. Lakukan proses ini sampai biji benar-benar kering.

Penepungan

Proses penepungan bisa dilakukan dengan cara ditumbuk, bisa juga dengan menggunakan blender. Gunakan blender khusus untuk menghaluskan biji-bijian agar tepung mudah halus dan tidak menggumpal. Ayak atau saring sampai menghasilkan tepung yang halus.

Loading...