Langkah Mudah Memelihara Pohon Anggur Akademik agar Berbuah Lebat

Pertanianku — Pemeliharaan menjadi bagian yang paling krusial dan menentukan hasil yang akan didapatkan. Sebenarnya, memelihara pohon anggur akademik tidak begitu susah karena anggur jenis ini sudah adaptif untuk tumbuh di Indonesia. Langkah-langkah pemeliharaan yang harus Anda lakukan agar pohon anggur akademik bisa berbuah dengan lebat adalah pemangkasan, penyiraman, pemupukan, penyiangan, dan penggemburan tanah.

pohon anggur akademik
foto: Pertanianku

Penyiraman

Penyiraman yang diberikan harus disesuaikan dengan fase pertumbuhan tanaman. Pada fase vegetatif, tanaman membutuhkan penyiraman sebanyak satu hari sekali pada pagi hari hingga media tanam terlihat basah.

Intensitas penyiraman akan meningkat saat tanaman sudah memasuki masa berbunga hingga buahnya siap dipanen. Hal ini karena komponen terbesar buah anggur adalah air. Jika air yang diberikan kurang, perkembangan buah tidak akan sempurna. Penyiraman harus dilakukan minimal dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Pemupukan

Pupuk yang diberikan pada fase vegetatif adalah pupuk kandang sebanyak 50 kg/tanaman setiap tiga bulan sekali, NPK sebanyak 20 gram/tanaman setiap dua minggu, dan urea 20 gram/tanaman setiap dua minggu sekali.

Setelah memasuki fase generatif, pupuk yang diberikan ialah pupuk dengan kadar P dan K yang lebih tinggi agar buah anggur yang dihasilkan lebih manis. Pupuk kandang diberikan sebanyak 100 gram/tanaman setiap tiga bulan sekali, pupuk urea 100 gram/tanaman setiap dua minggu sekali, SP-35 sebanyak 80 gram/tanaman setiap dua minggu sekali, dan pupuk KCl sebanyak 100 gram/tanaman setiap dua minggu sekali.

Penggemburan tanah

Selama masa perawatan, media tanam atau tanah di sekitar tanaman anggur akademik harus digemburkan dengan cara dicangkul setiap satu minggu sekali. Sementara itu, setelah tanaman memasuki masa generatif, pencangkulan tanah dilakukan setiap dua minggu sekali.

Baca Juga:  Tips Menanam Pepaya di Pot

Penyiangan gulma

Penyiangan gulma harus dilakukan untuk mengurangi kompetisi perebutan unsur hara dengan tanaman anggur. Gulma bisa disiangi bersamaan dengan penggemburan tanah.

Pemangkasan

Selama memelihara tanaman anggur akademik, jangan lupa lakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan untuk merawat bentuk tanaman anggur sekaligus merangsang pertumbuhan tanaman.


loading...