Langkah Mudah Memperbaiki Tingkat Kesuburan Tanah dengan Bahan Organik

Pertanianku — Lahan yang subur sudah menjadi idaman bagi seluruh petani karena tanaman yang ditanam bisa menghasilkan panen berlimpah. Sayangnya, tidak semua daerah memiliki tanah yang subur. Tingkat kesuburan tanah dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah ketersediaan bahan organik di dalam tanah.

tingkat kesuburan tanah
foto: Pertanianku

Bahan organik berperan penting dalam menentukan tingkat kesuburan tanah yang akan digunakan menanam. Bahan organik juga berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kemampuan air dalam menahan air, dan memperbaiki perkembangan mikroba baik yang berada di dalam tanah.

Tak heran, kandungan bahan organik dapat langsung berpengaruh terhadap tingkat kesuburan tanah. Tanah yang mengandung banyak bahan organik dapat membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih pesat, begitu pun sebaliknya.

Oleh karena itu, jika ingin menaikkan tingkat kesuburan lahan yang dimiliki, Anda perlu menambahkan bahan organik yang bisa didapatkan melalui pupuk organik.

Pupuk organik merupakan bahan organik yang sudah didekomposisi atau dirombak menjadi senyawa sederhana dengan bantuan mikroba. Saat ini tidak sulit untuk mendapatkan pupuk organik. Selain itu, sudah banyak petani yang mulai menggunakan pupuk ini karena dinilai lebih ramah lingkungan dan mampu menjaga kondisi kesehatan tanah.

Tingkat kesuburan bisa meningkat dengan pupuk organik karena pupuk tersebut menaikkan kemampuan agregat tanah, meningkatkan persediaan unsur hara, serta meningkatkan aktivitas mikrobiologi di dalam tanah. Selain itu, penggunaannya sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan unsur hara makro tanaman seperti N, P, dan K.

Ada banyak jenis pupuk organik yang bisa digunakan, seperti pupuk kandang, pupuk hijau, pupuk kompos, dan pupuk hayati.

Setiap jenis pupuk organik memiliki kemampuan tingkat pelepasan nutrisi yang berbeda-beda, biasanya dipengaruhi oleh bahan baku yang digunakan. Misalnya, kompos dapat melepas nutrisi lebih mudah dibandingkan pupuk kandang.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Cair dari Kotoran Kambing

Bahan organik yang berada di dalam pupuk juga berfungsi untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Keberadaan bahan organik di dalam tanah mampu menyediakan air dan udara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Kelebihan lain dari penggunaan bahan organik dari pupuk organik adalah mudah dibuat. Anda bisa membuatnya dari limbah hasil panen atau memanfaatkan limbah-limbah dari industri lain yang berada di sekitar area penanaman.

 


loading...