Langkah Mudah Menanam Bawang Lanang, Bawang Putih Tunggal

Pertanianku Bawang lanang merupakan bawang putih yang tumbuh tunggal. Umbi bawang mengalami pertumbuhan yang gagal sehingga tidak membentuk umbi secara utuh yang tersusun dari 10—15 siung. Itu sebabnya nama lanang disematkan pada umbi bawang yang tumbuh tunggal. Kondisi tersebut sering terjadi karena kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan. Namun, khasiat pada bawang lanang terbilang lebih dahsyat daripada bawang putih biasa.

bawang lanang
foto: Pixabay

Untuk mencoba menanam bawang lanang, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

Bibit bawang putih tunggal

Keberhasilan menanam bawang putih tunggal terletak pada kualitas bibitnya. Oleh karena itu, Pilihlah bibit bawang putih tunggal berkualitas baik dan layak tanam dengan ciri bibit dalam kondisi sehat dan bebas dari hama ataupun penyakit. Pilih juga bawang putih tunggal berukuran sedang dan berasal dari indukan unggul. Bibit tersebut bisa didapat dari toko pertanian atau balai pertanian. Anda juga bisa mendapatkannya sendiri dengan menyemai bawang putih tunggal.

Media tanam

Anda bisa menanamnya pada lahan luas ataupun dalam pot- pot berukuran sedang. Jika Anda memilih media tanah yang luas, sebaiknya lakukan proses pembajakan serta pencangkulan lahan dengan kedalaman sekitar 30—40 cm. Lakukan juga proses pemupukan dan pengapuran menggunakan dolomit untuk menutrisi serta membuat pH tanah tidak terlalu asam. Setelah itu, buatlah bedengan dan lubang-lubang tanam.

Sebelum dimasukkan ke lubang tanam, bibit bawang putih tunggal perlu dikeringkan terlebih dahulu dalam ruangan yang sejuk untuk mengurangi kadar air yang dapat menghambat pertumbuhannya nanti.

Cara merawat tanaman

Penanaman yang dilakukan pada lahan luar perlu penyiraman dengan menggunakan selang agar berjalan lebih efektif.  Pada awal masa tanam, Anda bisa menyiram setiap hari. Namun, ketika bawang tunggal sudah mulai tumbuh subur kurangi penyiraman.

Baca Juga:  Mengulik Beragam Manfaat Jerami Padi

Berikan pemupukan lanjutan dengan pupuk organik ataupun pupuk dengan kandungan sulfur tinggi. Anda juga bisa memberikan pupuk KCl, ZK, dan Za. Selain penyiraman dan pemupukan, Anda juga harus melakukan penyulaman dan penjarangan. Lakukan hal tersebut seminggu setelah masa tanam bibit bawang putih tunggal.