Langkah Mudah Menanam Bawang Merah Organik

Pertanianku — Menanam bawang merah organik bukan perkara sulit, Anda bisa melakukannya sendiri secara monokultur atau polikultur. Langkah-langkah yang dilakukan hampir sama seperti menanam bawang merah pada biasanya. Anda harus melakukan pengolahan tanah sebelum menanam. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses pemeliharaan dan pengendalian hama.

bawang merah organik
foto: Pertanianku

Pengolahan tanah

Tanah harus dicangkul terlebih dahulu hingga strukturnya menjadi gembur. Tanah yang kering harus dibuat menjadi bedengan dengan ketinggian 20—30 cm, sedangkan bedengan di lahan sawah dibuat setinggi 50—60 cm dengan lebar 10—20 cm. Antarbedengan diberikan jarak sebesar 40 cm atau disesuaikan dengan keadaan luas tanah.

Di atas bedengan ditaburkan pupuk kandang sebanyak 20—30 ton per hektare. Bedengan tersebut juga bisa disiram dengan air limbah ternak.

Penanaman

Penanaman bawang merah sebaiknya dilakukan di akhir musim hujan. Sebenarnya, Anda bisa menanam bawang merah di sepanjang tahun. Namun, Anda perlu melakukan rotasi tanaman untuk mencegah hama dan penyakit berkembang biak. Jarak tanam yang dapat digunakan sekitar 15—20 cm × 15—20 cm, tanah tersebut sebaiknya disiram terlebih dahulu untuk memudahkan proses penanaman.

Sebelum ditanam, potong sekitar 1/5 bagian umbi untuk mempercepat pertumbuhan, kemudian umbi ditanam di dalam lubang. Bekas potongan umbi tidak perlu tertutup dengan tanah, tetapi cukup ditutupi tipis-tipis dengan abu bakar.

Pemeliharaan

Tanaman bawang perlu disiram sebanyak dua hari sekali pada musim kemarau. Jika intensitas suhu terlalu tinggi, penyiraman dilakukan tiap hari hingga menjelang panen. Namun, intensitas penyiraman berkurang setelah umbi sudah mulai terlihat.

Tanah bedengan yang sudah memadat harus digemburkan kembali. Berikan pupuk susulan setelah 4 minggu setelah tanam sebanyak 10 ton per hektare. Jangan lupa untuk lakukan penyiangan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Baca Juga:  Hal-hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Menanam Sayur dan Buah

Pengendalian hama dan penyakit

Untuk menghasilkan bawang merah organik, Anda perlu menggunakan pestisida organik untuk mengatasi serangan hama. Penggunaan pestisida harus disesuaikan dengan jenis hama yang menyerang. Ramuan pestisida organik dapat Anda baca di sini atau di buku Bertanam 8 Sayuran Organik terbitan Penebar Swadaya. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.


loading...