Langkah Mudah Menanam Bibit Kubis

Pertanianku — Bibit kubis biasanya didapatkan dari perbanyakan biji atau setek, bergantung pada jenis kubis. Kubis krop lebih sering dikembangkan dengan biji, sedangkan kubis lokal dikembangkan dengan setek tunas batang. Meskipun berbeda jenis, cara menanam bibit kubis dengan setek ataupun biji sama saja.

menanam bibit kubis
foto: Pixabay

Kubis sebaiknya ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000—3.000 mdpl. Namun, ada beberapa jenis kubis yang bisa ditanam di dataran rendah seperti kubis putih hybrid K-Y cross dan K-K cross dari Jepang.

Waktu yang baik untuk menanam bibit kubis adalah awal musim hujan atau awal musim kemarau. Adapun syarat lokasi yang harus dimiliki adalah tanahnya gembur, bersarang, kaya akan bahan organik, suhu udaranya rendah dan lembap, serta pH tanah berkisar 6—7.

Kubis yang ditanam melalui biji harus disemai terlebih dahulu. Sementara itu, bibit yang dihasilkan dari setek atau tunas sudah bisa langsung ditanam di lahan kebun yang sudah dipersiapkan.

Lahan yang akan digunakan untuk menyemai harus dicangkul terlebih dahulu dan diberikan pupuk kandang. Setelah itu, berikan naungan di atas lahan tersebut yang miring ke arah barat. Tingkat kelembapan daerah tersebut harus selalu terus dijaga, tapi jangan sampai terlalu basah. Lahan persemaian yang basah bisa menyebabkan bibit kubis mudah diserang cendawan.

Setelah lahan siap, taburkan biji satu per satu secara merata dan membentuk barisan di persemaian, lalu tutup dengan tanah tipis-tipis. Jarak antarbarisan semaian yang bisa digunakan adalah 5 cm. Biji di persemaian akan muncul setelah berumur 4—5 hari kemudian.

Setelah bibit di persemaian berumur dua minggu, bibit tersebut bisa dipindahkan ke dalam bumbung atau pot berisi tanah. Pebumbungan ini berguna membuat bibit semakin kuat, tetapi memang akan membutuhkan tenaga dan biaya yang lebih banyak.

Baca Juga:  Bagian Tanaman Delima yang Berkhasiat

Sambil menunggu bibit yang dibumbun siap ditanam, Anda perlu melakukan pengolahan pada tanah. Cangkul lahan sedalam 30 cm dan berikan pupuk kandang sebanyak 15 ton/hektare. Selanjutnya, buatlah bedengan yang lebarnya mencapai 80 cm dan panjangnya bisa disesuaikan dengan ukuran lahan. Jarak tanam yang bisa digunakan antarlubang adalah 50 cm dan lebar selokan antarbedengan dibuat selebar 20 cm.

Bibit kubis sudah bisa ditanam setelah berumur satu bulan setelah disebar atau kira-kira sudah berdaun empat helai. Menanam bibit kubis tidak boleh sampai terlambat karena bisa menyebabkan pertumbuhan krop bunganya menjadi kecil atau tanaman dapat cepat berbuah sebelum waktunya.