Langkah Mudah Menanam Bibit Vegetatif Lengkeng Matalada

Pertanianku Lengkeng matalada dapat diperbanyak secara generatif dan vegetatif. Namun, umumnya bibit lengkeng matalada yang dijual di toko pertanian merupakan bibit hasil perbanyakan vegetatif agar dapat menghasilkan buah lebih cepat dengan kualitas buah yang lebih mudah diketahui.

lengkeng matalada
foto; Pertanianku

Perbanyakan vegetatif yang dapat dilakukan untuk tanaman lengkeng matalada ialah sambung pucuk dan okulasi. Tak heran, banyak toko pertanian yang menjual kedua jenis bibit tersebut, terutama bibit okulasi.

Tanaman lengkeng matalada terbilang cukup mudah ditanam sehingga Anda tidak memerlukan tindakan khusus untuk menanam bibit okulasi lengkeng matalada tersebut. Yang perlu diperhatikan ialah pemberian pupuk dasar seperti kompos agar kandungan zat hara serta kondisi media tanam sesuai dengan kriteria tanaman.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah umur bibit. Bibit lengkeng matalada yang masih kecil relatif lebih mudah ditanam. Sementara itu, bibit yang sudah besar cenderung lebih sulit ditanam karena Anda membutuhkan tambahan hormon zat pengatur tumbuh, seperti atonik selain menggunakan kompos sebagai pupuk dasar.

Umur bibit yang paling bagus untuk ditanam sekitar 6—7 bulan. Bibit-bibit matalada dengan rentang umur tersebut banyak tersedia di Toko Trubus. Umur tersebut dianggap baik untuk ditanam karena bibit masih memiliki daya adaptasi yang lebih cepat sehingga tanaman dapat cepat berbuah. Kriteria bibit ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki tanaman cepat berbuah.

Pilihlah bibit yang dihasilkan dari induk berkualitas. Hal ini karena bibit vegetatif menurunkan sifat tanaman induk. Jika tanaman induk baik dan bisa berbuah, bibit tersebut dapat menghasilkan tanaman yang baik dan bisa berbuah juga. Biasanya, bibit-bibit tersebut banyak dijual di toko-toko pertanian tepercaya seperti Toko Trubus yang mengedepankan kualitas bibit yang dijualnya.

Baca Juga:  Tanaman Sayuran Buah yang Dapat Ditanam Secara Vertikultur

Setelah memiliki bibit yang bagus, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan lokasi bertanam. Penanaman bibit vegetatif lengkeng matalada harus dilakukan di area yang terkena sinar matahari secara langsung agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Bibit yang ditanam di tempat yang ternaungi akan cenderung mengalami pertumbuhan yang lambat.

Untuk bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng matalada di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan bertanam. Mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.