Langkah Mudah Menanam Bit, Si Merah yang Kaya Manfaat

Pertanianku — Bit termasuk tanaman semusim berbentuk rumput. Bagian yang biasa digunakan adalah umbi tanaman yang berbentuk bulat menyerupai gasing. Umbi bit menjadi sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Bit sering digunakan untuk campuran salad atau direbus menjadi lalap. Menanam bit tidak begitu sulit, Anda bisa melakukannya sendiri di pekarangan rumah.

menanam bit
foto: Pixabay

Bit yang ditanam sendiri dapat Anda manfaatkan untuk dikonsumsi secara pribadi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa umbi bit serta kegiatan berkebun yang menyehatkan.

Menanam bit lebih cocok dilakukan di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 m dpl, terutama untuk bit merah. Namun, bit putih bisa ditanam di ketinggian 500 m dpl. Bit yang ditanam di dataran rendah tidak akan mampu membentuk umbi.

Bit diperbanyak melalui biji dan biji tersebut tidak perlu disemai terlebih dahulu. Lahan yang akan digunakan harus dicangkul sedalam 30 cm terlebih dahulu. Selanjutnya, berikan pupuk kandang sebanyak 15 ton/hektare. Setelah tanah diratakan, buat alur-alur dangkal dengan jarak antaralur sekitar 20 cm. Bibit bit ditaburkan secara merata di sepanjang alur, kemudian tutup secara tipis-tipis dengan tanah.

Biji bit yang ditanam akan tumbuh setelah berumur enam hari. Setelah berumur 3—4 minggu, tanaman yang tumbuh dilakukan penjarangan menjadi 15—20 cm dengan membuang tanaman yang kurang sehat. Jika ada biji yang tumbuh 2—3 tunas, tunas-tunas tersebut dipisahkan, lalu disisakan satu tunas yang paling subur.

Selama masa pemeliharaan, tanaman memerlukan pupuk susulan. Anda bisa menggunakan pupuk campuran urea, TSP, dan KCl dengan perbandingan 2:1:1. Pupuk tersebut ditebar di sisi kanan dan kiri tanaman sejauh 5 cm dari batang tanaman. Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan bersamaan dengan penyiangan gulma.

Baca Juga:  Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Dapur

Tidak ada pemeliharaan khusus yang perlu Anda lakukan. Anda hanya perlu membuang gulma yang tumbuh dan menghindarkan tanaman dari penyakit mildew embun.

Tanaman bibit sudah dapat dipanen setelah berumur 2,5—3 bulan dari waktu tanam, bergantung pada cara perawatan yang Anda lakukan. Bit dipanen dengan cara dicabut umbinya.