Langkah Mudah Menanam Buah Nanas di Pot

Pertanianku — Buah nanas umumnya ditanam langsung di lahan pada hamparan yang cukup luas. Namun, tahukah Anda sebenarnya tanaman buah ini dapat ditanam di pot. Menanam nanas di pot dapat menjadi pilihan hobiis tanaman buah untuk menambah koleksi tanaman buahnya. Selain itu, menanam nanas di pot juga bisa menjadi solusi bertanam di lahan terbatas.

menanam nanas di pot
foto: Pertanianku

Anda perlu menyediakan mahkota nanas dari buah nanas yang berkualitas, kemudian bersihkan sisa-sisa buah nanas yang masih menempel pada mahkota tersebut.

Beberapa helai daun yang berada di bagian bawah atau bonggol pada mahkota perlu dipangkas, terutama untuk daun yang sudah terlihat menua. Setelah itu, rendam bonggol ke dalam larutan daun bawang merah selama 8 jam. Bagian yang direndam hanya bungkulnya, perendaman tidak boleh dilakukan pada bagian daun atau mahkotanya.

Setelah perendaman di dalam larutan daun bawang merah selesai, rendam kembali pangkal mahkota pada air selama dua minggu untuk menumbuhkan akar tanaman.

Selanjutnya, siapkan media tanam berupa campuran tanah gembur, pupuk kandang, kompos, serat arang sekam dengan perbandingan jumlah yang sama. Siapkan juga pot yang sudah memiliki lubang drainase di bagian bawahnya dan memiliki kaki. Jika pot yang dipakai tidak berkaki, Anda perlu mengganjalnya dengan batu sebagai pengganti kaki.

Gunakan pecahan batu bata atau pecahan genting sebagai lapisan pertama di dalam pot. Setelah itu, baru masukkan media tanam yang sudah tercampur merata hingga hampir penuh dan siram media tanam tersebut dengan air.

Setelah itu, buat lubang tanam di bagian tengah pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran mahkota yang akan ditanam. Masukkan mahkota dan timbun hingga bonggol mahkota tertutup oleh media tanam.

Baca Juga:  Champion Cabai Beberkan Pola Tanam Cabai sebagai Kunci Keberhasilan Budidaya

Simpan bibit nanas yang baru ditanam di area yang tidak terpapar cahaya matahari secara langsung. Bibit perlu disiram secara rutin setiap 3—7 hari sekali dengan intensitas air secukupnya. Mengingat nanas ditanam di pot sehingga tidak bisa mencari nutrisi dengan bebas, Anda perlu melakukan pemupukan setiap 3—4 bulan sekali agar pertumbuhan nanas semakin optimal.