Langkah Mudah Menanam Daun Mint di Pot dari Setek Batang

Pertanianku— Daun mint terkenal sebagai tanaman herbal yang dapat memberikan sensasi dingin dan aroma menyegarkan. Kesegaran daun mint membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya sendiri di rumah agar lebih mudah didapatkan ketika sedang butuh. Langkah menanam daun mint sebenarnya mudah, tidak ada cara khusus yang harus dilakukan agar tanaman beraroma segar ini tumbuh.

menanam daun mint
fot: Pixabay

Tanaman daun mint juga berfungsi sebagais tanaman hias yang cantik dan menyegarkan. Anda bisa menanamnya sebagai tanaman indoor ataupun outdoor. Selain indah, tanaman ini juga berguna untuk mengusir nyamuk dan menyegarkan udara.

Perbanyakan tanaman daun mint dapat dilakukan dengan cara setek batang. Tingkat keberhasilan dengan cara setek batang cukup tinggi dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu memilih batang yang segar, tidak layu, dan tidak terserang hama. Pilihlah batang berwarna hijau kecokelatan dan tidak cacat.

Pastikan batang yang dipilih benar-benar bagus karena kualitas batang yang dipilih akan menentukan keberhasilan. Semakin bagus batang daun mint yang terpilih, semakin tinggi juga keberhasilan bertanam.

Batang daun mint dapat ditanam dalam pot, vas, atau langsung di lahan. Daun mint termasuk tanaman merambat yang dapat menutupi tanah dan pagar.

Potong batang mint sekitar 5—10 cm dengan menggunakan pisau atau gunting. Setelah itu, hilangkan daun yang berada di bawah batang dan sisakan 3 sampai 4 helai daun di bagian atas.

Siapkan vas atau wadah lain yang bisa diisi dengan air, lalu isi wadah tersebut dengan air. Masukkan bagian bawang batang ke vas dan biarkan selama satu minggu hingga sistem perakaran tanaman muncul. Air di dalam vas perlu diganti secara berkala untuk mencegah akar tanaman membusuk.

Baca Juga:  Instore Dryer, Solusi Mengeringkan Bawang Putih di Musim Hujan

Setelah akar tanaman muncul, Anda dapat memindahkan batang tersebut ke pot yang sudah berisi media tanam. Tanah yang digunakan harus ber-pH 6,5 hingga 7,0. Tanam batang mint yang sudah berakar dan padatkan lubang di sekitar batang daun mint agar tanaman tumbuh tegak. Selanjutnya, siram media tanam dengan air hingga basah.

Tanaman daun mint tidak memerlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu menjaga tingkat kelembapan media tanam. Lakukan penyiraman pada pagi hari agar media tanam basah.