Langkah Mudah Menanam Durian Musang King

Pertanianku — Ada banyak jenis durian favorit yang bisa ditanam, salah satunya adalah durian musang king. Durian tersebut sangat populer di Indonesia, meskipun sebenarnya durian ini berasal dari Malaysia. Musang king disebut-sebut sebagai durian terbaik dengan harga jual cukup mahal. Menanam durian musang king di Indonesia tidak begitu sulit, bahkan caranya hampir sama dengan beberapa jenis durian lainnya.

menanam durian musang king
foto: pertanianku

Pohon durian musang king terkenal sangat adaptif. Oleh karena itu, meskipun tidak berasal dari Indonesia, durian ini tetap bisa tumbuh di Indonesia. Karena adaptif, durian musang king juga mudah berbuah, asalkan Anda melakukan perawatan dengan benar.

Keunggulan lainnya dari durian yang cukup mahal ini ialah lebih tahan terhadap serangan hama serta penyakit. Hal ini akan memudahkan Anda saat proses perawatan pohon durian.

Loading...

Musang king bisa tumbuh subur di daerah tropis dengan curah hujan rata-rata sekitar 2.000 mm per tahun dan suhu udara sekitar 23°C. Durian musang king bisa tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian tempat sekitar 400—600 mdpl. Namun, Anda sebenarnya juga bisa menanam jenis durian ini di ketinggian 1.000 mdpl.

Menanam durian musang king sebaiknya dilakukan di tanah yang subur dengan kandungan mineral yang cukup. Derajat keasaman tanah (pH) yang dikehendaki pohon durian musang king adalah 6—7.

Cara menanam pohon durian musang king hampir sama seperti durian pada umumnya. Sebelum menanam, pastikan Anda sudah mendapatkan bibit durian musang king yang berkualitas. Pasalnya, bibit menjadi salah satu penentu apakah pohon Anda bisa berbuah atau tidak. Anda bisa mendapatkan bibit durian musang king berkualitas di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan bibit durian musang king unggul dari pembibit tepercaya.

Baca Juga:  Kunci Sukses Membuat Bibit Sambung

Setelah bibit durian musang king berkualitas Anda miliki, langkah selanjutnya adalah menyiapkan lubang tanam berukuran 50 cm × 50 cm × 50 cm dan diamkan selama 1—2 minggu. Selanjutnya, taburkan kompos yang sudah terfermentasi sebagai pupuk dasar. Anda juga bisa menambahkan insektisida dan fungisida untuk mencegah bibit terserang hama dan penyakit.

Selanjutnya, lepaskan polibag yang menempel pada bibit dengan hati-hati. Letakkan bibit di tengah lubang tanam dan timbun dengan tanah. Jangan lupa dipadatkan agar bibit bisa berdiri tegak.

Siram bibit dengan air secukupnya hingga media tanam terlihat basah. Agar pohon cepat berbuah, sebaiknya berikan hormon perangsang akar setiap seminggu sekali.

Untuk bertanam durian musang king, Anda bisa mendapatkan bibit durian musang king unggul di Toko Trubus. Anda bisa mengunjungi langsung lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda atau bertanya terlebih dahulu melalui WhatsApp admin Toko Trubus.

Loading...
Loading...