Langkah Mudah Menanam Golden Berry di Pot

Pertanianku — Belakangan ini warganet dihebohkan dengan adanya buah yang bernama golden berry dan dijual di supermarket. Satu-satunya yang membuat warganet terkejut adalah bentuk buah tersebut. Pasalnya, jika dilihat dari bentuknya, golden berry merupakan buah yang sudah cukup familiar bagi masyarakat Indonesia dengan nama ciplukan atau ceplukan.

golden berry
foto: Pixabay

Anda dapat menanam golden berry di pot agar bisa menikmati buahnya secara gratis. Ciplukan atau Physalis peruviana dapat tumbuh hingga setinggi 1 m. Anda dapat menggunakan biji golden berry sebagai benih tanaman. Pisahkan biji dari daging buahnya. Setelah itu, jemur selama 1—2 jam di bawah sinar matahari.

Penyemaian biji

Biji ciplukan yang sudah kering harus disemai terlebih dahulu. Media semai dapat berupa tanah yang sudah diayak, kemudian dimasukkan ke polibag kecil. Siram media tanam tersebut dan buat lubang tanam di tengah polibag. Satu lubang tanam diisi 2—3 biji ciplukan, kemudian tutup kembali.

Perawatan biji yang sedang disemai

Biji baru akan mengeluarkan tunas setelah satu minggu. Selama masa penyemaian, Anda perlu menyiram tanaman secara rutin setiap hari dan tempatkan di tempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung. Setelah tanaman tumbuh setinggi 10—15 cm, bibit ciplukan sudah bisa dipindahkan ke media tanam.

Menanam golden berry

Sebelum menanam, Anda perlu menyiapkan media tanam berupa campuran tanah yang mengandung humus dan telah diayak dengan pasir, serbuk gergaji, dan sekam (merang). Masukkan media tanam ke pot setengah bagian terlebih dahulu, kemudian masukkan bibit. Lepaskan polibag yang menempel pada media semai. Setelah ditanam, siram media tanam secukupnya.

Perawatan tanaman golden berry di pot

Penyiraman tanaman golden berry dilakukan secukupnya saja. Penyiraman tidak boleh dilakukan berlebihan karena air yang berlebih dapat menyebabkan akar tanaman ciplukan membusuk.

Baca Juga:  Sentuhan Teknologi Balitbangtan untuk Meningkatkan Potensi Labangka

Agar nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman ciplukan terpenuhi, lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan cara dikocor.

Panen buah golden berry

Tanaman golden berry dapat dipanen dengan interval 5—10 hari sekali. Buah yang dipanen harus buah yang sudah matang dan tua dengan ciri-ciri berwarna kuning kecokelatan.