Langkah Mudah Menanam Jambu Air Khiojok

Pertanianku Jambu air khiojok merupakan tanaman dataran rendah yang mudah berbuah. Lahan yang digunakan untuk menanam tidak perlu diolah terlalu rumit, tanah hanya perlu dibersihkan dari gulma seperti alang-alang yang bisa menjadi pesaing untuk pohon jambu.

jambu air khiojok
foto: pertanianku

Setelah lahan dibersihkan, langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam berukuran 40 cm × 40 cm × 30 cm. Jika Anda menanam lebih dari satu pohon, sebaiknya gunakan jarak tanam antarlubang sekitar 4—5 m. Selanjutnya, berikan pupuk kandang atau kompos ke dalam lubang tanam sebanyak 10—20 kg.

Setelah lubang tanam siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit tanaman. Bibit tanaman jambu air khiojok bisa Anda dapatkan di toko pertanian. Bibit tersebut baisanya merupakan bibit cangkok atau sambung pucuk.

Loading...

Keuntungan penggunaan bibit vegetatif seperti cangkok atau sambung pucuk ialah mudah dalam waktu yang lebih singkat.

Lepaskan secara perlahan dan hati-hati polibag pada bibit jambu air khiojok. Setelah terlepas, tanam bibit di dalam lubang tanam yang sudah diberikan pupuk kandang dalam keadaan tegak. Usahakan letak bibit berada di tengah lubang tanah. Selanjutnya, tutup dengan tanah bekas galian sembari ditekan ke arah akar bibit supaya tidak ada rongga di sekitar bibit dan bibit tidak mudah roboh.

Jika Anda menggunakan bibit cangkok dan dicangkoknya masih terdapat plastik, sebaiknya buka plastik tersebut. Plastik dapat mengganggu pertumbuhan akar tanaman karena tidak dapat hancur dalam waktu yang singkat.

Tanaman yang masih muda jangan diberikan pupuk terlebih dahulu. Setelah tanaman berumur 3—5 bulan, tanaman baru bisa diberikan pupuk. Pupuk yang digunakan sama saja seperti pupuk pohon buah pada umumnya, yaitu NPK (15-15-15). Dosis pupuk yang digunakan sebesar 50—300 gram/pohon. Pupuk terebut diberikan di sekeliling tanaman.

Baca Juga:  Bukan Tanaman Air, Tapi Kenapa Padi Sering Digenangi Oleh Air?

Proses pemupukan dapat dilakukan kembali setiap empat bulan sekali hingga tanaman sudah mulai berbunga. Jambu air khiojok biasanya sudah bisa belajar berbuah ketika berumur 1 tahun ke atas jika dirawat dengan baik. Setelah berumur 2 tahun ke atas, pohon sudah mantap untuk berbuah.

Tanaman yang sudah berbuah bisa diberikan pupuk NPK setahun sekali setelah proses panen raya.

Proses perawatan pohon jambu air khiojok tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu rutin melakukan pembersihan gulma, penyiraman, dan pemangkasan.

Jika Anda tertarik untuk bertanam jambu air khiojok ini, Anda bisa mendapatkan bibit jambu air khiojok berkualitas di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 

Loading...
Loading...