Langkah Mudah Menanam Jengkol di Lahan Sempit


Pertanianku — Jengkol seringkali diolah menjadi berbagai menu masakan dengan cita rasa yang sangat gurih. Minat terhadap makanan yang memiliki bau khas ini pun cukup banyak sehingga dapat menjadikannya sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Cara menanam jengkol terbilang mudah, sekalipun di lahan sempit.

menanam jengkol
Foto: Google Image

Cara menanam jengkol

Pohon jengkol atau jering bisa tumbuh di mana saja serta tidak memerlukan lahan khusus. Meski begitu, perlu diperhatikan waktu mulai penanaman jengkol tersebut. Berdasarkan pengamatan, pohon jengkol bisa lebih mudah berkembang jika ditanam di awal musim hujan.

Persiapan bibit jengkol

Siapkan batang bawah dari hasil semaian biji, atau bisa juga dari biji jengkol yang tumbuh liar. Kemudian masukkan bibit semaian biji jengkol ke polibag berukuran besar. Setelah itu, carilah tunas dari salah satu pohon jengkol yang telah berbuah. Sayatlah kulit batang pohon jengkol hasil semaian tersebut dengan ukuran tertentu.

Sayat juga kulit tunas dari pohon jengkol yang sudah berbuah dengan ukuran sama. Tempelkan sayatan tunas dari pohon jengkol yang sudah berbuah ke pohon jengkol hasil semaian yang dipilih sebagai pohon bawah. Kemudian ikatlah dengan tali supaya kedua sayatan bisa menyatu.

Persiapan lahan tanam

Ketika bibit telah disiapkan, kini Anda lanjut ke pengolahan lahan tanamnya. Adapun caranya, yaitu dengan membuat lubang tanam berukuran 40 cm × 40 cm × 40 cm di lahan tanam. Setelah itu, buat juga jarak antarlubang tanam kurang lebih sekitar 5—6 meter. Isi lubang tanam dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagian lubang tanam. Biarkan lubang tanam kurang lebih selama 1 bulan supaya pupuk kandang tersebut benar-benar meresap dan menambah unsur hara dalam tanah.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk dari Garam

Penanaman bibit jengkol

Apabila bibit jengkol sudah menghasilkan tunas, langkah selanjutnya ialah memindahkan bibit ke lahan tanam permanen yang disiapkan. Anda buka polibag semaian dengan merobek secara perlahan. Lalu, masukkan bibit jengkol ke lubang tanam yang sudah disiapkan.

Setelah itu, tutup kembali lubang dengan cara menggunakan sisa tanah dan padatkan. Lakukan hal yang sama hingga semua lubang tertanami. Ada baiknya, Anda lakukan penyiraman sesaat setelah penanaman tanaman jengkol tersebut selesai dilakukan.

Perawatan tanaman jengkol

Sebenarnya tanaman jengkol tak membutuhkan perawatan secara khusus. Meski begitu, lebih baik lakukan penyiangan atau pembersihan. Bersihkan gulma yang terdapat di sekitar pohon jengkol. Tak hanya itu, Anda juga perlu lakukan pemupukan pada tanaman jengkol yang telah berumur 6 bulan setelah penanaman.