Langkah Mudah Menanam Lobak Organik di Pot

Pertanianku — Lobak (Rophanus sativus) merupakan tanaman perdu semusim yang berumbi. Tanaman ini memiliki akar tunggang dengan akar samping tumbuh pada akar tunggang. Akar tunggang tersebut akan berubah bentuk dan fungsi menjadi umbi yang besar. Selain di lahan, Anda juga bisa menanam lobak di pot.

menanam lobak
foto: pixabay

Tanaman lobak cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Lobak menyukai air sehingga tanaman ini cocok ditanam saat musim hujan. Media tanam yang disukai lobak ialah gembur, mengandung humus, dan lapisan atasnya tidak berkerikil. Derajat keasaman tanah yang dibutuhkan sekitar 5—6.

Berikut ini langkah mudah menanam lobak di pot seperti dilansir dari buku 15 Sayuran Organik Dalam Pot.

Tanam benih

Pot yang dibutuhkan untuk menanam lobak memiliki tinggi lebih dari 20 cm dan lebar 15—20 cm. Media tanam yang dibutuhkan adalah campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1. Setelah pot dan media tanam tersedia, Anda dapat langsung menanam benih lobak di dalam media tanam.

Benih yang digunakan bisa berupa biji lobak atau menggunakan umbi yang sudah matang. Umbi yang sudah matang ditandai dengan warna putih terang dan mengeluarkan aroma khas yang agak menyengat. Namun, Anda juga bisa membeli benih lobak berkualitas di toko pertanian.

Perawatan

Lobak perlu disiram setiap hari agar tingkat kelembapan media tanam dan tanaman dapat terjaga dengan baik. Benih tersebut akan tumbuh setelah empat hari ditanam.

Serangan hama

Tanaman lobak rawan diserang oleh oleh hama kutu. Anda bisa mencegah serangan hama kutu dengan menyemprotkan insektisida nabati seperti air rebusan batang dan daun tomat. Apabila kutu terlihat pada daun lobak, segera ambil dan matikan kutu tersebut. Buang bagian daun yang sudah terkontaminasi kutu atau penyakit.

Baca Juga:  Kiat Mengatasi Serangan Ulat Api yang Menyerang Tanaman Kelapa Sawit

Jangan lupa untuk melakukan penyiangan gulma yang tumbuh di sekitar lobak agar tidak menjadi sumber serangan hama bagi tanaman.

Panen

Lobak harus dipanen tepat waktu, sekitar dua bulan setelah ditanam. Panen yang terlambat dapat menyebabkan umbi berubah menjadi kayu sehingga rasanya tidak enak untuk dikonsumsi. Panen lobak dapat dilakukan dengan cara mencabut lobaknya, tetapi Anda harus pastikan lobak tidak terpotong saat proses pencabutan sehingga menyebabkan bagian yang lain tertinggal di dalam tanah.

Cukup mudah bukan, Anda bisa mencoba 14 jenis sayuran lainnya untuk ditanam secara organik di pot. Buku 15 Sayuran Organik Dalam Pot dapat menjadi panduan Anda saat berkebun. Dalam buku tersebut juga dijelaskan belasan formula biopestisida untuk mencegah serangan hama. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi admin WhatsApp Penebar Swadaya.