Langkah Mudah Menanam Melon di Pot

Pertanianku — Menanam melon bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk melakukan penghijauan di pekarangan rumah. Melon merupakan tanaman buah semusim yang hanya bisa hidup satu periode tanam dan setelah dipanen tanaman akan mati. Menanam melon di pot cukup mudah dilakukan dan berikut ini langkah yang harus Anda lakukan untuk menanam melon di pot.

menanam melon di pot
foto: pertanianku

Penyediaan pot/polibag

Pot untuk menanam melon bisa menggunakan ember plastik berwarna hitam berdiameter 25 cm pada bagian alas dan 31 cm pada bagian atas dengan tinggi 24 cm. Ukuran pot tersebut bisa menampung media tanam lebih kurang 20 kg, media tanam tersebut berupa campuran beberapa bahan, salah satunya pupuk kandang. Gunakan pot plastik yang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga tidak mudah rusak dan bisa digunakan secara berulang.

Loading...

Media tanam

Komponen penting yang harus Anda perhatikan salah satunya adalah media tanam. Gunakan media tanam yang yang bisa membuat tanaman melon tumbuh optimal, media tanam tersebut harus subur, gembur, banyak mengandung unsur hara, porous, dan memiliki pH 5,8—7,2.

Media tanam yang ber-pH terlalu rendah akan menghambat pertumbuhan tanaman sehingga menjadi kerdil dan daun menguning. Tanah yang terlalu asam harus diberi pengapuran sebelum digunakan.

Komposisi media tanam yang bisa digunakan adalah tanah merah, pupuk kandang, dan sekam padi yang sudah lapuk dengan perbandingan volume 1:2:3. Seluruh komposisi tersebut jika digabung harus berjumlah minimal 20 kg agar muat di dalam pot.

Tahap menanam

Melon merupakan tumbuhan yang merambat sehingga memerlukan ajir sebagai tempat tumbuh. Ajir bisa menggunakan dua bilah bambu atau tali dari benang kasur. Anda juga bisa menggunakan rak besi untuk mempercantik penampilan tabulampot melon.

Baca Juga:  Jenis-jenis Kacang Panjang yang Mudah Ditemui di Pasaran

Bibit yang ditanam sebaiknya sudah disemai terlebih dahulu dan sudah memiliki dua sampai tiga helai daun dan sehat. Sehari sebelum digunakan, media tanam yang akan digunakan harus disiram terlebih dahulu agar lembap. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari, pada saat cuaca sudah tidak panas.

 

 

 

Loading...
Loading...