Langkah Mudah Menanam Pakcoy di Polibag

Pertanianku — Pakcoy cukup sering diolah masyarakat menjadi berbagai menu sayur. Sayuran hijau ini tumbuh subur di daerah iklim tropis di dataran rendah hingga dataran tinggi. Pada dasarnya, menanam pakcoy cukup mudah, Anda bisa melakukannya langsung di lahan atau di polibag.

menanam pakcoy
foto: Pertanianku

Menanam pakcoy di polibag bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan karena proses menanam ini cukup sederhana dan fleksibel. Menanam pakcoy di pekarangan rumah juga bisa menjadi salah satu upaya menjaga ketahanan pangan keluarga.

Sebelum menanam, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti benih, media tanam, polibag, dan peralatan penunjang lainnya.

Benih pakcoy perlu disemai terlebih dahulu agar tumbuh kuat di polibag. Media semai yang bagus untuk menanam pakcoy terdiri atas campuran tanah, kompos, dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1. Wadah penyemaian benih pakcoy harus disimpan di tempat yang teduh agar benih bisa tumbuh dengan baik.

Setelah benih tumbuh, Anda dapat memindahkan benih ke polibag atau pot yang sudah berisi media tanam. Media tanam yang bagus terdiri atas campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Tanaman pakcoy perlu disiram sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari. Benih pakcoy yang baru dipindahkan ke polibag harus diletakkan di tempat teduh terlebih dahulu, kira-kira selama satu minggu. Setelah itu, polibag sudah bisa diletakkan di tempat terbuka.

Selama masa perawatan, Anda perlu memberikan pupuk organik atau pupuk kandang secara berkala. Sebaiknya, hindari penggunaan pupuk kimia agar pakcoy yang dihasilkan terbebas dari residu bahan kimia.

Gulma yang tumbuh di polibag harus segera disiangi agar pertumbuhan pakcoy tidak terhambat. Pakcoy cukup rentan terserang hama ulat, siput cacing bulu, atau tritip. Hama-hama tersebut bisa diatasi dengan penggunaan pestisida nabati dan menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga:  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Buah Nanas

Pakcoy sudah bisa dipanen setelah berumur 30—45 hari di polibag, bergantung pada kondisi cuaca serta cara perawatannya. Pakcoy yang Anda panen merupakan sayuran organik yang bagus untuk mendukung gaya hidup sehat.

 


loading...