Langkah Mudah Menanam Pohon Buah Naga di Halaman Rumah

Pertanianku — Buah naga merupakan buah yang kaya vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah ini memang sudah banyak diproduksi dan dijual di pasaran, harganya pun terbilang cukup murah. Namun, bagi para pehobi tanaman buah, mendapatkan buah dari pohon sendiri akan menimbulkan sensasi tersendiri. Menanam pohon buah naga bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam pot maupun di pekarangan rumah.

menanam pohon buah naga
foto: pixabay

Selain bisa dimanfaatkan buahnya, bentuk pohon buah naga cukup unik dan indah jika dipajang di pekarangan rumah. Anda bisa mendapatkan berbagai macam info menarik tentang budidaya pohon naga pada buku Berkebun Buah Naga, di dalamnya tersaji info lengkap cara menanam, persiapan yang dibutuhkan, cara perawatan, cara mengatasi hama, hingga cara panen yang benar agar pohon bisa terus berbuah.

Menanam pohon buah naga di pekarangan sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memahami teknik penanaman dan pemeliharaan yang baik agar pohon bisa tumbuh dan berbuah. Berikut ini beberapa langkah untuk memulai menanam pohon buah naga di pekarangan.

Loading...

Pembuatan lubang tanam

Buatlah lubang-lubang tanam berukuran seragam, jumlah lubang tanam bisa bisa disesuaikan dengan luas halaman yang dimiliki. Pilihlah lokasi menanam yang tidak terhalang oleh naungan dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Setelah lubang tanam selesai dibuat, masukkan media tanam yang sama dengan media tanam di pot ke dalam lubang tanam.

Jangan lupa berikan dolomit sebanyak 100—150 gram/lubang tanam dan pupuk hortigro sebanyak 20 gram/lubang tanam. Setelah itu, siram lubang tanam dengan air hingga jenuh, lalu dibiarkan hingga agak mengering.

Sistem penanaman

Sistem penanaman yang digunakan bisa sistem penanaman tungggal atau sistem kelompok seperti pagar. Pemilihan sistem sangat bergantung pada luas lahan yang Anda miliki. Sistem tanam pagar sangat cocok digunakan untuk lahan yang terbatas. Sementara, sistem tunggal bisa digunakan untuk lahan yang sangat luas.

Baca Juga:  Fakta Menarik Buah Kelapa, Bahan Masakan untuk Makanan Hari Raya

Penyediaan bibit

Pada dasarnya penggunaan bibit yang baik adalah bibit yang berkualitas agar mendapatkan pertumbuhan pohon yang cepat dengan hasil yang diinginkan.

Penanaman

Bibit dapat ditanam setelah kondisi media sudah agak kering. Tanda media tanam yang sudah agak kering adalah jika digenggam dan kemudian diepaskan kembali, gumpalan media akan remah. Sebelum bibit ditanam, di tanah dibuatkan lubang-lubang tanam dan tanam bibit pada kedalaman 10 cm. Selanjutnya, siram dengan air secukupnya, tetapi jangan sampai mengenai pangkal batangnya.

 

 

Loading...
Loading...