Langkah Mudah Menanam Pohon Sawo

Pertanianku — Sawo berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat dan kini sudah tersebar luas di negara-negara tropis seperti Indonesia. Daging buah sawo cukup tebal hampir 84 persen dari keseluruhan total bagian buah dan tentunya bergizi tinggi. Menanam pohon sawo di pekarangan rumah merupakan hal yang cukup mudah, jika Anda sudah mengetahui langkah-langkahnya. Simak ulasan langkah menanam pohon sawo di bawah ini.

menanam pohon sawo
foto: pixabay

Perhatikan lokasi menanam

Sawo bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 0—1.200 mdpl dengan curah hujan sekitar 2.000—3000 mm/tahun. Pohon sawo butuh sinar matahari secara penuh, tetapi cukup toleran terhadap naungan yang menghalangi sinar matahari. Sawo bisa tumbuh subur di tanah yang lempung pasir, lempung liat, dan endapan. pH tanah yang bagus ialah 6—7.

Ketahui varietas unggul

Varietas unggul biasanya memiliki kelebihan, seperti genjah, produktivitasnya tinggi, tahan terhadap serangan penyakit dan hama, serta buah yang dihasilkan lebih bagus. Varietas sawo yang bagus biasanya adalah sawo kecik, sawo tanjung, sawo durian, sawo manila, sawo sempur, dan sawo apel.

Menanam bibit sawo

Anda bisa mendapatkan bibit sawo di toko-toko pertanian yang terdekat dari rumah Anda. Setelah bibit tersedia, siapkan lubang tanam dengan ukuran 60 cm × 60 cm × 60 cm. Biarkan lubang tanam selama satu minggu untuk dijemur oleh sinar matahari. Selanjutnya, siapkan pupuk kandang sebanyak 10—20 kg untuk satu lubang tanam.

Lepas polibag bibit secara perlahan dan tanam bibit ke dalam lubang tanam. Timbun dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang hingga bibit tegak. Anda juga bisa berikan ajir untuk menopang bibit yang masih lemah.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Jamur Merang dalam Ruangan

Pemupukan

Anda bisa menggunakan pupuk organik untuk pemupukan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Pupuk organik yang dibutuhkan untuk tanaman yang berumur 1—2 tahun sebanyak 10 kg/pohon. Sementara itu, untuk tanaman berumur 3—4 tahun memerlukan pupuk sebanyak 20 kg/pohon. Dan, setelah tanaman sudah berumur 5—7 tahun, pupuk yang dibutuhkan sebanyak 30 kg/pohon.

Pupuk diberikan setiap 2 kali dalam satu tahun, diberikan di awal musim hujan dan musim kemarau.

Pengairan

Pohon sawo yang baru ditanam harus disiram sebanyak 3 kali dalam seminggu. Penyiraman disesuaikan dengan keadaan air tanah.

Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan untuk menghilangkan cabang-cabang yang sudah tidak produktif sehingga produktivitas tanaman dan mutu buah yang dihasilkan bisa lebih optimal. Pemangkasan dilakukan pada tunas air, tunas di batang bawah, ranting yang terserang hama dan penyakit, cabang tidak produktif, serta cabang yang mati.

 

 


loading...