Langkah Mudah Menanam Seledri pada Media Air

Pertanianku— Seledri termasuk sayuran yang sangat mudah ditanam. Anda bisa memanfaatkan sisa bonggol seledri yang telah dibeli sebagai bibitnya. Menanam seledri dapat dilakukan pada media air, yakni dengan mencelupkan sisa bonggol seledri yang biasanya tidak digunakan. Cara bertanamnya sangat mudah, simak langkah-langkah menanam seledri pada media air.

menanam seledri
foto: Pixabay
  • Potong bagian ujung akar seledri sepanjang 5 cm dan masukkan 4 tusuk gigi dengan jarak 4 cm dari bawah.
  • Masukkan bonggol seledri ke wadah yang sudah berisi air, rendam 3 cm bagian ujung akar bonggol.
  • Beberapa hari kemudian akan tumbuh beberapa daun-daun kecil. Batang daun kecil dan akar kecil akan muncul setelah seminggu kemudian. Jika bagian batang pada pangkal luar terlihat rusak atau berubah warna, segera pindahkan tanaman ke media tanah untuk mencegah kerusakan semakin parah.
  • Setelah tanaman seledri tumbuh berukuran 3 cm, pindahkan tanaman ke media tanam tanah. Buat lubang sebesar ukuran bonggol seledri.

Tanaman seledri dapat tumbuh subur di daerah yang sejuk dan tempat yang teduh. Pada dasarnya seledri dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, tetapi seledri lebih mudah tumbuh subur di dataran tinggi berhawa sejuk dan lembap.

Media tanam yang bagus untuk menanam seledri terdiri atas campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan jumlah yang sama. Pupuk kandang tersebut berguna untuk menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk kandang harus diberikan kembali setelah daun seledri dipanen.

Selama masa perawatan, tanaman hanya perlu disiram satu hari sekali karena seledri lebih menyukai kondisi tanah yang agak kering.

Hama yang kemungkinan dapat menyerang seledri adalah kutu daun. Hama tersebut berbahaya karena berperan sebagai vektor yang menyebarkan penyakit virus mosaik. Kutu daun dapat diatasi dengan Kelthane 0,2 persen.

Baca Juga:  Mengulik Beragam Manfaat Jerami Padi

Seledri juga rentan terserang cendawan Cercospora apii yang dapat membuat tanaman terjangkit penyakit cacar cokelat kuning dan Septoria apii yang menimbulkan penyakit cacar hitam. Penyakit tersebut dapat diatasi dengan fungisida Benlate 0,1—0,3 persen atau Dithane M-45 0,2 persen.

Seledri sudah bisa dipanen setelah berumur 6—8 minggu, bergantung pada cara perawatan yang digunakan. Daun seledri tidak boleh dipanen terlalu muda ataupun terlalu tua.