Langkah Mudah Menanam Tabulampot

PertaniankuMenanam tabulampot atau tanaman buah dalam pot merupakan kegiatan yang digemari oleh sebagian masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan yang terbatas dengan lahan tanam. Saat ini kegiatan menanam tabulampot menjadi hobi yang asyik untuk dilakukan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menanam tabulampot sendiri di rumah.

menanam tabulampot
foto: pixabay

Jenis buah yang bisa ditabulampotkan pun cukup banyak. Ada manggis, nangka, jeruk, anggur, buah naga, belimbing manis, buah tin, delima, durian, jambu biji, jambu air, dan jeruk. Kedondong, lengkeng, mangga, melon, rambutan, sawo, sirsak, srikaya, stroberi, dan masih banyak lagi. Setiap jenis tanaman tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda-beda untuk cepat berbuah dengan buah yang lebat.

Anda harus mengetahui cara menanam tabulampot yang baik dan benar, mulai dari pemilihan pot, media tanam, hingga cara membuat pohon rajin berbuah. Dalam buku 20 Tanaman Buah dalam Pot mengulas beragam cara untuk membuat tanaman rajin berbuah berdasarkan masing-masing jenis buah.

Loading...

Buku pedoman tersebut sangat diperlukan oleh pemula yang belum pernah menanam pohon buah. Berikut ini gambaran langkah apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menanam tabulampot.

Menentukan jenis tanaman yang akan ditanam

Sebelum mulai menanam, sebaiknya Anda pastikan ingin menanam pohon buah apa agar media tanam, pot, hingga pupuk yang digunakan bisa disesuaikan dengan jenis pohon yang Anda pilih.

Memilih media tanam

Media tanam yang digunakan harus sesuai dengan karakteristik pohon. Namun, pada umumnya media tanam tabulampot yang biasa digunakan adalah sekam padi, kompos, pupuk kandang, pasir, tanah liat, moss, arang, humus, dan sabut kelapa. Anda bisa mencampur antarmedia tanam untuk mendapatkan formula yang pas sesuai dengan jenis pohon.

Baca Juga:  Harga Jual Tomat Jadi Tinggi Melalui Pascapanen yang Tepat

Siapkan pupuk

Pupuk sangat penting untuk menunjang keberhasilan pohon berbuah dengan rajin. Pupuk merupakan sumber hara yang sangat penting, terutama untuk pohon yang ditanam di dalam pot. Pasalnya, tanaman tidak bisa mendapatkan sumber hara kecuali dari pupuk yang diberikan secara rutin. Jenis pupuk yang digunakan pun harus sesuai dengan jenis pohon.

Kuasai teknik pemeliharaan

Setiap jenis pohon membutuhkan teknik pemeliharaan yang berbeda-beda. Ada yang tidak membutuhkan banyak air dan ada yang butuh banyak air. Ada yang tidak membutuhkan intensitas matahari yang tinggi dan ada yang membutuhkannya. Oleh karena itu, penting untuk menguasai tekniknya.

Pot

Pot bisa menunjang keindahan tabulampot yang Anda buat. Pilihlah pot yang sesuai dengan ukuran besaran pohon.

 

 

 

 

Loading...
Loading...