Langkah Mudah Menanam Tanaman Ketumbar di Pot

Pertanianku Tanaman ketumbar (Coriandrum sativum) merupakan tanaman rempah yang sering digunakan untuk menambah aroma serta cita rasa pada masakan. Di dalam tanaman ketumbar terdapat kandungan sabinene, myrcene, a-terpinene, ocmene, linalool, geraniol, decanal, desilaldehida, trantidecen, asmpetroselinat, asamoktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.

tanaman ketumbar
foto: Pixabay

Tanaman ketumbar bisa Anda tanam langsung di lahan atau di pot. Menanam di pot dapat memudahkan Anda yang memiliki keterbatasan lahan. Simak cara bertanam ketumbar di pot di bawah ini!

Bibit tanaman

Tanaman ketumbar biasanya diperbanyak melalui biji yang sudah cukup umur dan sehat. Sebelum ditanam, biji perlu diseleksi terlebih dahulu. Selanjutnya, biji direndam ke dalam air hangat selama 2 hingga 12 jam untuk mengaktifkan biji ketumbar.

Pot dan media tanam

Siapkan pot selebar 18 inci dengan kedalaman 8—10 inci. Sebaiknya, jangan menggunakan pot berukuran kecil karena bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Setelah itu, siapkan media tanam berupa campuran tanah gembur dan pupuk kandang/kompos. Masukkan media tanam tersebut ke pot.

Penanaman

Semai biji di kedalaman ¼ inci dengan jarak tanam sekitar 6—8 inci. Letakkan pot tanaman ketumbar di tempat yang memperoleh sinar matahari karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh. Anda juga bisa meletakkan tanaman di jendela agar tanaman bisa mendapatkan sinar matahari dan menjadi hiasan di dapur.

Pemeliharaan

Tanaman ketumbar kurang menyukai kondisi lembap. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyirami tanaman dengan menggunakan sprayer. Penyiraman pada awal penanaman harus dilakukan secara rutin dalam jangka waktu dua sampai tiga minggu. Setelah tanaman tumbuh dewasa, penyiraman dilakukan seperlunya saja agar kelembapan media tanam lebih terjaga.

Setelah tanaman tumbuh setinggi 2 inci, berikan pupuk nitrogen yang dilarutkan ke dalam air. Pemupukan dilakukan secukupnya saja sekitar ¼ cangkir untuk 6—7 meter area tanam.

Baca Juga:  Penggunaan Pestisida Tidak Boleh Sembarangan

Biji yang ditanam akan tumbuh dalam masa 7—10 hari. Selanjutnya, tanam biji ketumbar setiap 2—3 minggu sekali untuk memastikan persediaan ketumbar.

Panen

Panen dilakukan setelah batang tanaman ketumbar sudah tumbuh hingga 4—6 inci. Panen dilakukan dengan cara memotong 2—3 bagian daun setiap minggu.