Langkah Mudah Menanam Terung di Lahan

Pertanianku— Terung merupakan salah satu sayuran buah favorit Indonesia yang sangat mudah dijumpai di berbagai daerah. Terung bisa diolah menjadi menu masakan apa saja dengan rasanya yang lezat. Menanam terung hampir sama seperti tomat, biji terung harus disemai terlebih dahulu.

menanam terung
foto: pixabay

Bibit terung akan tumbuh setelah 10 hari disemai. Setelah bibit sudah berumur 1,5 bulan atau sudah memiliki empat helai daun, pindahkan bibit ke lubang tanam. Setiap satu lubang tanam hanya bisa ditanam satu batang bibit.

Tanah yang akan digunakan untuk menanam terung harus diolah terlebih dahulu. Cangkul tanah sedalam 30—40 cm dan buatkan bedengan selebar 1,20—1,40 m. Jarak lubang tanam yang bisa digunakan adalah 50 cm. Setiap lubang tanam diberikan pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah matang sebanyak 0,5 kg.

Loading...

Di antara bedengan, sebaiknya dibuatkan parit yang berfungsi untuk memudahkan pekerja dalam melakukan pekerjaannya dan mengalirkan air hujan yang jatuh ke lahan. Parit bisa dibuat selebar 20—30 cm.

Tanaman yang sudah berumur dua minggu setelah waktu tanam perlu diberikan pupuk buatan. Pupuk tersebut adalah urea, TSP, dan KCL dengan perbandingan 1 : 2 : 1 sebanyak 12 gram/tanaman. Pupuk tersebut diberikan di sekeliling tanaman sekitar 5 cm dari batang tanaman. Pemberian pupuk diulang kembali setelah tanaman sudah berumur 1,5—2 bulan.

Anda tidak perlu khawatir, terung merupakan tanaman yang mudah tumbuh dibandingkan tanaman tomat. Tanaman sayuran ini lebih tahan penyakit layu dan hujan. Anda hanya perlu membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Selain itu, Anda juga harus rutin memberikan air agar media tanam tidak kekeringan.

Kegiatan pemeliharaan lain yang harus dilakukan adalah menguasai cara memberantas hama dan penyakit. Hama yang biasanya menyerang adalah kutu daun. Kutu tersebut bisa diatasi dengan Curacron 500 EC. Sementara itu, penyakit yang rentan menyerang tanaman terung biasanya disebabkan oleh cendawan.

Baca Juga:  Tanaman Buah Tidak Kunjung Berbuah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Tanaman yang sudah berumur 4 bulan sudah bisa dipanen untuk pertama kalinya. Panen tidak boleh sampai terlambat karena terung yang didapatkan akan liat atau kurang enak.

 

 

 

Loading...
Loading...