Langkah Mudah Menanam Tomat di Lahan Rawa

Pertanianku Menanam tomat di lahan rawa sudah bisa dilakukan oleh petani di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Buah tomat sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap masakan atau dikonsumsi dalam keadaan segar. Buah tomat bisa menambah rasa pada masakan dan memang rasanya cukup enak dan menyegarkan.

menanam tomat
foto: pixabay

Di lahan rawa, tanaman tomat bisa ditanam saat musim kemarau. Pada musim kemarau tidak ada air yang tergenang di lahan tersebut. Sementara itu, di lahan rawa pasang surut, menanam tomat bisa dilakukan di galangan atau tembukan.

Benih yang digunakan untuk menanam tomat di lahan rawa sebaiknya memiliki daya kecambah lebih dari 85 persen. Benih harus disemai terlebih dahulu selama 2 minggu atau hingga memiliki 2—3 helai daun. Setelah itu, pindahkan bibit ke tempat penyapihan untuk mengadaptasi bibit. Setelah berumur 3—4 minggu atau bibit sudah memiliki 5—6 helai daun, bibit sudah bisa ditanam di lahan.

Loading...

Jarak tanam yang baik untuk digunakan adalah 70 cm × 50 cm. Jangan lupa berikan pupuk NPK dan pupuk kandang 5 ton/hektare dan kapur 1 ton/hektare. Tambahkan jerami untuk menjaga kelembapan tanah saat musim kemarau dan menekan pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengggunakan mulsa plastik.

Setelah tanaman sudah berumur dua minggu, berikan ajir di setiap sisi tanaman untuk menahan tanaman agar tidak rubuh. Lakukan pemangkasan pada tunas-tunas air dan sisakan 2 cabang utama untuk mendapatkan buah berkualitas baik.

Lakukan penyiangan gulma secara rutin serta pemberian pestisida jika terlihat ada hama yang menyerang. Gunakan pestisida sesuai dengan hama yang menyerang tanaman.

Pohon tomat yang ditanam di lahan rawa bisa dipanen sebanyak 10—15 kali pemetikan dengan interval waktu 2—3 hari sekali. Panen sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari ketika cuaca sedang cerah. Hindari panen pada siang hari karena bisa membuat proses fotosintesis terganggu.

Baca Juga:  Buah Lontar Berpotensi Sebagai Bahan Baku Bioetanol

Panen dilakukan dengan memetik buah yang sudah masak, yaitu buah yang sudah berubah warna dari hijau menjadi kekuning-kuningan. Petik buah tomat beserta batang tanaman.

 

 

 

Loading...
Loading...