Langkah Mudah Menanam Tomat di Musim Hujan

Pertanianku — Tomat termasuk famili Solanaceae dengan nama Latin Solanum lycopersicum L. Menanam tomat di musim hujan bukan hal mustahil, Anda tetap bisa mendapatkan buah tomat yang lezat nan menyehatkan. Menanam tomat di musim hujan memerlukan beberapa trik khusus agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

menanam tomat
foto: pixabay

Siapkan bibit berkualitas

Persiapan bibit dalam budidaya tomat menjadi kunci utama dari kesuksesan budidaya tomat. Gunakan bibit tomat yang sehat dan berkualitas. Sesuaikan bibit dengan lokasi pembibitan mulai dari cuaca, iklim, curah hujan, hingga intensitas matahari. Bibit disemai terlebih dahulu selama satu bulan sebelum ditanam di lahan. Usahakan tempat pembibitan tidak berdekatan dengan cabai, terung, dan kentang untuk menghindari serangan penyakit dan hama.

Loading...

Lokasi pembibitan harus mendapatkan sinar matahari secara penuh dan tidak boleh ternaungi. Pastikan bibit bisa mendapatkan sumber air yang cukup.

Persiapkan lahan

Lahan yang digunakan harus diolah terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan tanaman tomat. Tomat bisa tumbuh di tanah gembur, remah, bebas gulma, cukup air, dan hara. Selain itu, atur juga tata letak lokasi penanaman untuk mempersiapkan lahan. Persiapan lahan yang harus dilakukan adalah pembuatan bedengan, pengapuran, pemupukan dasar, dan pemasangan mulsa plastik hitam.

Pemeliharaan tanaman

Tanaman tomat harus dipelihara dengan baik agar tidak diserang oleh hama dan penyakit sehingga kualitas buah yang dihasilkan dapat optimal. Perawatan yang harus dilakukan adalah pengajiran, penyulaman, pewiwilan, pemupukan susulan, pengairan, dan pengendalian gulma.

Pengendalian gulma

Tanaman tomat di musim hujan juga rentan diserang oleh hama dan cendawan yang menyebabkan penyakit. Serangan tersebut bisa membuat produktivitas tanaman sehingga Anda harus melakukan pencegahan sebaik mungkin. Serangan yang dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kerugian total karena tomat tidak bisa dipanen.

Baca Juga:  Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Tamarillo Terung Toraja Buah Asal Sulawesi Selatan

Panen dan pascapanen

Keberhasilan pascapanen juga ditentukan dari proses budidaya yang berjalan dengan baik. Pascapanen sangat diperlukan untuk menjaga kualitas dan meningkatkan daya simpan tomat yang sudah dipanen. Pengendalian pascapanen yang tidak baik bisa menyebabkan mutu buah berkurang sehingga harga jual menjadi rendah.

Seluruh cara budidaya tomat di musim hujan bisa Anda baca lebih lengkap dalam buku Bertanam Tomat di Musim Hujan terbitan Penebar Swadaya. Pembahasan dalam buku tersebut bisa membantu usaha Anda untuk menghasilkan keuntungan dari bertanam tomat meski sedang musim hujan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

Loading...
Loading...