Langkah Mudah Menanam Wortel

Pertanianku— Wortel bisa ditanam di pot sehingga bisa dibudidayakan dalam skala kecil, misalnya pada kebun di pekarangan rumah. Akan tetapi, Anda harus menyesuaikan lokasi penanaman karena wortel hanya bisa tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 600 m dpl hingga 1.500 m dpl. Daerah tersebut bersuhu dingin sekitar 22–24C. Jenis tanah yang cocok digunakan untuk menanam wortel adalah subur, gembur, dan kaya humus dengan pH 5,5–6,5.

menanam wortel
foto: Pixabay

Proses menanam wortel cukup mudah, apalagi benih wortel tidak perlu disemai terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah menanam wortel yang bisa Anda ikuti.

  • Tanam benih wortel langsung di pot permanen yang berisi campuran media tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Jaga kelembapan media dengan penyiraman yang dilakukan sekali sehari atau dua kali sehari ketika media sudah kering.
  • Lakukan pemupukan dengan pupuk kandang sejak tanaman berumur 2 minggu, 1 bulan, dan 1,5 bulan setelah tanam. Dosis yang digunakan 50 gram/pot.
  • Berikan perawatan dengan penyiangan dan pendangiran. Tujuannya, agar tanaman tidak terganggu oleh gulma dan menjaga akar tanaman agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Lakukan panen tepat pada waktunya, yakni setelah 100 hari ditanam, bergantung pada jenis wortel yang digunakan. Panen tidak boleh sampai terlambat karena dapat menyebabkan umbi mengeras sehingga kurang enak dikonsumsi.
  • Panen umbi bisa dilakukan dengan cara mencabut umbi beserta akarnya. Untuk memudahkan pencabutan, sebaiknya tanah digemburkan terlebih dahulu. Panen lebih bagus dilakukan pada pagi hari sesaat sebelum wortel akan dikonsumsi.

Apabila tanah yang akan Anda gunakan tergolong kurang subur, tanah tersebut perlu diolah terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menanam wortel.

Ada tiga jenis wortel yang bisa ditanam, yakni tipe imperator, tipe chantenay, dan tipe nantes. Tipe imperator adalah wortel dengan umbi yang berbentuk bulat panjang dan pada bagian ujungnya runcing seperti kerucut. Biasanya, pada umbi wortel akan tumbuh akar serabut.

Baca Juga:  Peluang Manis Pala Organik

Tipe chantenay adalah wortel dengan umbi yang berbentuk bulat panjang dan bagian ujungnya tumpul, biasanya di bagian umbinya tidak tumbuh akar serabut. Terakhir, tipe nantes adalah peralihan dari kedua tipe wortel lainnya.