Langkah Mudah Mencangok Tanaman Salak

Pertanianku — Tanaman salak tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl dengan tipe iklim basah. Tanaman salak muda lebih senang berada di tempat yang teduh atau di bawah naungan. Tanaman salak dapat diperbanyak melalui dua cara, yakni secara generatif dengan biji tanaman dan vegetatif dengan cara dicangkok. Mencangkok tanaman salak tidak begitu sulit dilakukan sehingga Anda dapat melakukannya sendiri.

mencangkok tanaman salak
foto: Pertanianku

Mencangkok tanaman salak dilakukan dengan membumbungkan (memasukkan) potongan bambu pada pangkal tunas anakan pohon salak. Agar lebih jelas, simak langkah-langkah mencangkok tanaman salak di bawah ini.

  1. Buang bagian pelepah yang mengganggu di sekitar anakan.
  2. Lukai sedikit bagian pangkal anakan.
  3. Oleskan bagian yang sudah dilukai dengan perangsang akar.
  4. Buatlah lubang di bagian bawah samping botol kemasan yang sudah dibagi menjadi dua bagian.
  5. Masukkan botol ke tunas anakan dari bagan pucuk.
  6. Rapatkan hingga ke pangkal anakan.
  7. Isi botol tersebut dengan media tanam yang terdiri atas campuran tanah dan pupuk kandang.
  8. Padatkan media tanam.
  9. Pelihara selama 4 bulan hingga anakan mengeluarkan akar.
  10. Cangkokan yang sudah berakar dapat langsung Anda pisahkan dari induk.
  11. Transplanting anakan tersebut ke dalam polibag yang berisi media tanam selama 1 bulan.
  12. Setelah itu, bibit salak sudah siap ditanam.

Bibit salak yang baru ditanam harus dijaga untuk tetap lembap, cukup air, dan mendapatkan naungan. Anda dapat menggunakan leguminosa daun Gliricidia sebagai naungan. Pelepah daun yang berada di bagian paling bawah harus dikurangi agar matahari dapat masuk merata dan memudahkan pekerja untuk berlalu-lalang di antara barisan tanaman.

Selama masa perawatan, Anda harus menjaga kebersihan kebun dan membuang tunas anakan yang muncul agar tanaman dapat cepat berbuah. Tunas anakan tersebut dibuang setelah tanaman dicangkok dan dapat terus hidup.

Baca Juga:  Sentuhan Teknologi Balitbangtan untuk Meningkatkan Potensi Labangka

Pelepah daun dipangkas hingga jumlahnya maksimal 17 helai. Pelepah daun tersebut dipangkas dengan menggunakan sabit tajam atau gergaji. Pemangkasan tersebut berguna untuk memberi akses cahaya matahari sehingga seluruh tanaman bisa mendapatkan cahaya matahari secara merata.